Begini Pakar Bahasa Tubuh Menilai Debat Perdana Pilpres 2019

2019
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Tahapan menuju kontestasi Pemilihan Presiden 2019, debat pertama kandidat soal Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme telah dilakukan, Kamis (17/1) tadi malam.

Dalam debat ini, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga S. Uno berusaha meyakinkan para calon pemilihnya dengan visi misi dan program kerjanya, serta kemampuan menjawab setiap pertanyaan dari para panelis dan dari lawan kandidat.Lalu bagaimana mereka dinilai dari gestur saat debat?

Monica Kumalasari, pakar bahasa tubuh berbasis sains yang mendapat lisensi dari Paul Ekman, mengupas bahasa tubuh kedua pasangan calon pemimpin Indonesia periode 2019-2024, tadi malam.

Monica mengulas gestur Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi dalam debat itu di antaranya raut wajah, tingkah laku di panggung debat, komentar. Berikut ulasannya.

“Mata itu jendela jiwa, dari sisi Jokowi terlihat alisnya bergerak turun naik ketika dia mau mengatakan penegasan,” kata Monica, seperti dikutip dari Antara.

Pada Prabowo, yang terlihat adalah peningkatan kedipan mata yang lebih cepat dari biasanya. “Bisa stres, bisa juga udaranya dingin sekali jadi (berkedip) untuk membasahi mata,” ujar Monica.

Ada perubahan gaya dari Jokowi dan Prabowo dalam debat perdana ini. Jokowi yang biasanya santai jadi lebih tegas, sementara Prabowo jadi lebih kalem. Para kandidat punya cara yang berbeda dalam menegaskan suatu argumen. Prabowo cenderung mengekspresikannya lewat gerak tangan menunjuk-nunjuk, sedangkan Jokowi menandakannya dengan mengulang-ulang kata tersebut.

Dari gaya verbal, Jokowi banyak menyajikan data saat berargumen, sedangkan Prabowo – Sandi dinilai lebih banyak mengutarakan soal persepsi ketimbang data.

Baca jugaNonton Debat Pilpres: Dinikmati Saja Jangan Terbawa Emosi

Sandiaga Uno Grogi

Secara umum, Sandiaga Uno terlihat tenang di atas panggung. Tapi, ada satu kalimat yang menyiratkan tingkat kepercayaan diri yang mungkin rendah di persaingan ini.

Ketika bicara soal kepastian hukum, dia bertanya pada Jokowi mengenai apa yang akan dia lakukan seandainya terpilih lagi jadi presiden selama lima tahun ke depan.

“Sandi terlihat grogi ketika tanpa sadar omongan itu spontan keluar dari mulutnya, yang berasal dari alam bawah sadar yang selama ini ditekan,” tuturnya.

Prabowo Joget, Sandi Pijat Bahu

Dibandingkan Jokowi – Ma’ruf, pasangan Prabowo – Sandi memang terlihat lebih “mesra”. Prabowo terlihat kehilangan kesabaran saat Jokowi bertanya menyebut data ICW mengenai mantan koruptor yang jadi calon legislatif dari partai Prabowo. Pada saat itu, Prabowo dianggap lupa untuk menahan diri sehingga aslinya keluar.

“Karena sepertinya dia memang ditahan oleh (tim sukses) untuk ‘jangan kelihatan meledak-ledak’ tetapi ‘bocor’ juga,” kata Monica.

Prabowo kemudian mengalihkannya berjoget, sementara Sandi memijat-mijat punggung Prabowo seakan memintanya untuk tenang.

Ekspresi subtil campur aduk antara geram dan malu sekilas nampak di wajah Prabowo saat Jokowi menyebut soal juru kampanyenya yang mengaku babak belur dianiaya, padahal bekas operasi plastik. Jokowi bicara soal kebohongan Ratna Sarumpaet pada akhir 2018.

Menurut Monica, ekspresi subtil itu muncul kemungkinan karena Prabowo ingat dirinya pernah dibohongi, serta malu karena tak menyangka hal tersebut tiba-tiba diungkit.

Sementara itu, Ma’ruf Amin bisa dibilang paling pendiam selama debat. Monica melihat situasi itu memang sudah ditentukan sejak awal, di mana Ma’ruf memang berkontribusi pada tema-tema tertentu yang dia kuasai.

Ma’ruf terlihat masih grogi karena panggungnya berbeda dari aktivitas ceramah. Namun, belakangan kegugupannya mereda dan dia menambahkan sedikit komentar di sana-sini. “Jokowi mendominasi, tapi Ma’ruf tetap dikasih kesempatan untuk bicara.”

Dibanding pesaingnya, interaksi Ma’ruf dengan Jokowi lebih terbatas. Monica berpendapat ini karena Jokowi bersikap hormat terhadap Ma’ruf sebagai seorang figur besar.

Gulung Lengan Baju

Jokowi menggulung lengan baju usai memberikan pernyataan penutup, menolak tawaran untuk menghabiskan jatah bicaranya yang masih tersisa.

Menurut Monica, ini menyiratkan keinginannya untuk segera melanjutkan pekerjaan.

Kedua kubu, memilih untuk tidak saling memuji. Namun suasana dingin itu kembali menghangat ketika debat usai, di mana Jokowi berjalan lebih dulu ke arah Prabowo dan mereka saling berpelukan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*