fbpx Press "Enter" to skip to content

5 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Alami

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sakit kepala bisa menyerang siapa saja, dalam tahap tertentu sakit ini bisa diatasi dengan obat pereda sakit kepala, tanpa dosis yang sesuai anjuran dokter. Obat sakit kepala dijual bebas dan bisa dengan mudah didapatkan.

Namun taukah anda, kebiasaan minum obat tanpa resep dokter akan mendatangkan risiko dikemudian hari. Apalagi jika hal ini dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, bukan tidak mungkin akan mengalami kerusakan lambung dan hati.

Untuk itu, mengenali penyebab sakit kepala sangat penting agar anda tidak sembarangan mengonsumsi obat. Ternyata ada beberapa makanan yang bisa mengakibatkan sakit kepala, seperti yang dihimpun Tribunnews.com berikut ini:

1. Kafein

Kafein ini identik dengan kopi namun banyak juga yang lainnya seperti teh, coklat makanan yang mengandung kafein bila dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan resiko untuk mengalami sakit kepala terlebih jenis migrain.

2. Keju

Keju banyak terkandung tiramin yang bisa memicu sakit kepala. Tak hanya keju makanan seperti acar, bawang merah, kismis, daging yang sudah diproses juga mengandung tiramin.

Baca juga: Rahasia Hidup Sehat dan Cantik Ala Cut Meyriska 

3. Daging Olahan

Makanan olahan daging seperti sosis, nugget, pepperoni, kornet dan yang lainnya sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu banyak sebab makanan-makanan tadi biasanya mengandung pengawet serta senyawa nitrat. Nah senyawa inilah yang akan membuat sakit kepala muncul.

4. Alpukat

Buah yang satu ini tidak hanya banyak mengandung vitamin E namun juga asam amino yang cukup tinggi, terlalu banyak kandungan tyramine dalam alpukat inilah yang bisa mengakibatkan sakit kepala.

5. Cabai

Bila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan sakit kepala. Adanya kandungan Capsaicin dalam cabai ini bisa mengakibatkan migraine melanda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, 5 hal ini berguna sebagai pertolongan pertama, meski demikian ini hanya bersifat meringankan bukan sebagai penyembuh.

1. Minum air putih secukupnya

Mungkin minum air putih terdengar sangat sederhana, tapi dalam beberapa kasus air putih sangatlah bermanfaat bagi tubuh.

Ada beberapa jenis sakit kepala yang disebabkan oleh dehidrasi, jadi pastikan tubuh mengonsumsi cukup air.

2. Melakukan peregangan kecil

Sakit kepala yang terjadi tiba-tiba karena otot yang terlalu tegang, bisa diatasi dengan sedikit peregangan atau memijat untuk meringankan rasa sakit.

3. Makan semangka

Jika penyebab sakit kepala karena dehidrasi, coba untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti semangka.

4. Minumlah secangkir kopi

Coba untuk meminum kopi, karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengontruksi pembuluh darah kembali ke permukaan normal.

5. Mandi menggunakan air hangat

Panas yang terkandung dalam air dapat membuka pori dan mengendurkan otot yang tegang, sehingga dapat meringankan sakit kepala.

Penyebab sakit kepala memang sangat beragam  dari mulai ciri penyakit, gaya hidup termasuk pola makan. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id