1.204 Kena DBD, 12 Orang Meninggal

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mencatat ada 1.204 warga terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) selama sebulan terakhir. Dari ribuan penderita itu, 12 orang diantaranya meninggal dunia.

“Selama Bulan Januari ada 1.204 warga Jawa Tengah yang kena DBD, 12 diantaranya meninggal dunia,” ungkap Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, Kamis (31/1).

Yulianto merinci korban meninggal akibat DBD tersebut ada di Brebes dan Jepara masing-masing sebanyak 4 orang. Sementara di Kebumen, Grobogan, Blora, Kabupaten Semarang masing-masing 1 orang.

Terkait jumlah penderita DBD di Jateng tersebut, Yulianto menyebut Sragen menempati rangking pertama di jumlah kasus dengan 200 penderita.

Disusul Grobogan dengan 150 kasus, Pati 87 kasus, Jepara 78 kasus, Blora 75 kasus, Purbalingga 76 kasus, Cilacap 71 kasus, serta Boyolali dengan 51 kasus.

“Daerah lainnya di bawah 50 kasus,” ujarnya.

Data Dinkes Jateng juga mengungkap rata-rata penderita DBD menjangkiti anak usia lima hingga 15 tahun.

Namun demikian, DBD juga terpantau menyerang balita hingga lansia. Kata Yulianto, disebabkan adanya mutasi virus.

“Karenanya kami mencanangkan waspada KLB di beberapa daerah karena kasus meningkat, seperti Sragen, Grobogan, Jepara, Pati, Kudus,” tutur dia.

Dijelaskan Yulianto, sudah menjadi kebiasaan jika di bulan Januari angka penderita DBD melonjak dibanding bulan lain. Pasanya, tren peningkatan berkaitan dengan puncak musim hujan yang juga terjadi dalam kurun waktu Desember- Januari.

Baca jugaGejala DBD Tak Selalu Demam Tinggi dan Muncul Bintik Merah

“Kalau diamati, selalu Januari meningkat. Nanti Februari menurun dan April paling sedikit. Oktober mulai lagi naik sedikit-sedikit,” papar dia.

Faktor tingginya curah hujan di awal tahun tersebut membuat banyak genangan air muncul di kawasan perumahan.

Nyamuk pembawa virus DBD, aedes aegypti suka dengan genangan air karena untuk berkembang biak. Sehingga tidak heran jika di musim hujan maka angka penderita DBD juga melonjak.

“DBD itu dipengaruhi faktor lingkungan karena nyamuknya berkembang biak dalam kondisi tertentu, di genangan air,” katanya.

Sementara bagi orang awam, gejala penyakit ini hampir sama dengan penyakit lain sehingga menyulitkan diagnosa. Perlu uji laboratorium guna memastikan virus DBD atau penyakit lain.

Karenanya, Dinkes Jateng mengimbau agar masyarakat selalu waspada termasuk peduli dengan lingkungan.

Ia juga berharap tenaga medis menetapkan diagnosa DHF (Dengue Haemorrhagic Fever) jika ada gejala DBD seperti demam dan panas.

“Saya imbau kalau ada anak panas langsung DHF, untuk kewaspadaan dini,” pungkasnya. (Joy/lna) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*