Tol Salatiga-Kartasura Diresmikan 15 Desember

salatiga
Tol Salatiga-Kartasura | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, BOYOLALI – Pemerintah terus mempercepat pembangunan  Proyek jalan tol pada sejumlah wilayah di Jateng kini terus mengalami perkembangan positif. Seperti terlihat di  Ruas Salatiga-Kartasura Tol Semarang-Solo yang progresnya sekarang mencapai 98%.

Pimpinan Proyek Tol Semarang-Solo Ruas Salatiga-Kartasura (Paket III) PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) Edi Priono mengatakan, pengerjaan Ruas Salatiga-Kartasura tetap dikebut. Targetnya, pada 15 Desember nanti dapat diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Kami berharap nanti bisa diresmikan oleh Presiden. Sekarang cuma pemasangan marka jalan saja,” katanya melalui keterangan tertulis Jumat (7/12) seperti dikutip dari Bisnis.com.

Sementara itu, Manager Administrasi JSN Fatahillah mengaku, dalam pengerjaan proyek ada beberapa kendala yang dihadapi.

Salah satunya yakni permasalahan sosial seperti di daerah Kuripan Kabupaten Semarang, yang warganya meminta jembatan penyeberangan orang (JPO) tapi hal itu masih menunggu keputusan bupati.

“Jika bupati memang meminta JPO, maka harus mengajukan ke pusat. Jika akan dibangun, hal itu juga harus menunggu proyek selesai,” jelas Fatahillah.

Dirut PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno mengatakan pelaksana pembangunan proyek tol Semarang-Boyolali memastikan pada libur akhir tahun ini, seluruh pekerjaan fisik telah selesai, termasuk pembangunan Jembatan Kalikenteng rampung, sehingga jalur bebas hambatan sepanjang 32 km siap dibuka.

Baca jugaAgnez Mo Artis Terpopuler di Twitter Tahun 2018

“Ya, bisa jadi dioperasionalkan nanti pada saat libur akhir tahun. Nanti menunggu kepastian dari pusat. Tapi inti jalan tol Semarang-Boyolali sudah selesai, Jembatan Kalikenteng sudah bisa dilalui kendaraan umum,” katanya.

Secara keseluruhan, kata David, penyelesaian proyek tol ruas Semarang-Boyolali secara fisik sudah rampung. “Seluruh proyek fisik tol Semarang-Solo sudah tuntas. Uji laik fungsi sudah selesai, tinggal penyempurnaan dan pekan depan sudah tuntas,” katanya.

Pekerjaan fisik tinggal menyisakan sedikit, berupa penyempurnaan fasilitas rambu-rambu lalu lintas di sepanjang tol. Pihaknya optimistis pada saat libur akhir tahun dimulai pekan terakhir Desember, tol ini sudah siap.

Selama menunggu penyelesaian fisik tuntas, PT JSN menunggu instruksi dari pusat, apakah jalur tol Solo-Boyolali-Semarang bisa dilalui untuk menyambut arus mudik-balik libur akhir tahun nanti.

Terpisah, Pimpro tol Semarang-Solo, Edy Broto membenarkan penyelesaian proyek fisik tol Solo-Boyolali. Pihaknya juga memastikan pada minggu ketiga Desember siap dioperasionalkan. “Bahkan kita siap untuk dioperasikan. Kemungkinan minggu ketiga (Desember 2018),” imbuhnya.

Pembangunan fisik tol Semarang-Boyolali oleh PT JSN dan PT Waskita Karya dikerjakan paling akhir. Proyek ini digarap selama kurang lebih dua tahun membelah Kota Susu mulai dari Kabupaten Semarang hingga Boyolali. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*