fbpx

Pohon Natal Dari 2.125 Donat Di Dafam Hotel Semarang

 data-srcset
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Ada yang beda di lobi Hotel Dafam Semarang, Jawa Tengah. Sebuah pohon natal menjulang tinggi di pintu masuk hotel yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Semarang.

Namun pohon natal yang satu ini bukan pohon natal biasa. Manajemen hotel mendesain piranti khas umat Nasrani berbentuk pohon cemara tersebut dari ribuan donat.

“Sebanyak 2.125 pieces donat kami susun untuk membentuk pohon natal,” tutur General Manager (GM) Hotel Dafam Semarang, Thomas Sugianto, Kamis (13/12).

Thomas menyatakan awalnya ia dan karyawan tidak kepikiran untuk membuat pohon natal dari donat.

Bermula dari keinginan memanfaatkan bahan-bahan makanan hotel yang stoknya masih melimpah di masa akhir tahun.

“Kami rapatkan bersama dengan para karyawan. Sejumlah ide datang dari rekan-rekan, mulai dari membuat roti sampai donat. Akhirnya disepakati donat yang disusun membentuk pohon natal. Apalagi donat adalah salah satu jenis makanan yang disukai banyak kalangan,” beber dia.

Chief Dafam Tan Wien menambahkan ia dan karyawan lain butuh waktu sepekan, mulai dari membuat donat hingga mendekor bentuk pohon natal. Konstruksi pohon natal dibuat setinggi 3 meter dengan diameter lingkar bawah sepanjang 3,5 meter.

Baca jugaMenang Telak Theresa May Lolos Dari Mosi Tidak Percaya

“Pembuatan dimulai dari tanggal 1 Desember. Sehari dapat bikin 7 loyang, dimana 1 loyang isi 60 pices donat. Setelah semua donat jadi pada tanggal 6 Desember, donat dipasang di kerangka pohon natal, tanggal 7 Desember selesai,” ceritanya.

Untuk kebutuhan pohon natal donat tersebut, lanjut Tan Wien, pihaknya menghabiskan tepung 75 Kg atau sebanyak 3 sak, minyak goreng 10 liter, bahan pengembang 1 Kg, mentega 5,5 Kg, serta garam dan gula halus sebanyak 15 Kg.

“Daya tahan donat sampai sebulan, setelah pergantian tahun kami lepas,” ujarnya.

Thomas menimpali donat hasil kreasi Dafam tidak untuk dikonsumsi. Meski begitu tekstur dan bentuk dibuat layaknya donat khas Jawa. “Teksturnya memang dibuat tidak terlalu mengembang, lengkap dengan taburan gula halus,” ujarnya.

Mempercantik pohon natal donat, ditambahkan sejumlah pernak pernik khas Natal.

Semacam tulisan merry christmas ukuran besar yang ditempel diantara dinding lobi dengan lantai diatasnya. Juga ada semacam hiasan kado, hiasan bunga dan bintang di pucuk pohon natal donat.

PR Manager Dafam Hotel Management, Ninik Haryanti menambahkan tiap tahun pihaknya selalu membuat kreasi yang beda untuk menyemarakkan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Tahun lalu, Dafam membuat pohon natal asli dari pohon pinus dan tahun 2016 menyusun sekitar 300 botol dalam bentuk unta.

“Dengan kreasi-kreasi seperti itu kami berharap akan makin menambah menarik Dafam di mata tamu hotel maupun masyarakat yang datang. Yang pasti pohon natal donut akan makin menyemarakkan even akhir tahun bermuansa beach di lantai 1, mulai dari lobi hingga resto,” pungkas Ninik. (Joy/lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *