Perangi Hoax Dosen dan Profesor UGM Main Ketoprak

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Dosen dan professor Universitas Gadjah Mada ( UGM) pentas ketoprak dengan lakon Prahara Hoaks, di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri UGM, Sabtu (1/12).

Sesuai judulnya ketoprak ini ingin mengkampanyekan anti hoaks yang akhir-akhir ini kian marak.

Uniknya, mereka menyampaikannya sambil memerankan perannya dalam acara yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-69 UGM. Mereka membawakan peran jenaka, tetapi penuh pesan moral.

Dikisahkan hoaks telah begitu merajalela, bahkan telah menjadi komoditas. Berita hoaks bisa dibeli melalui Ratu Hoaks yang diperankan oleh dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM, Cahyaningrum Dewajati. Kemudian datang tiga orang yang memesan berita hoaks.

Mereka awalnya berwajah tampan. Namun karena gemar membuat hoaks mereka akhirnya berubah menjadi buto atau raksasa.

Meski telah berubah, mereka tidak menyadarinya. Mereka masih merasa tampan dan paling benar. Hingga akhirnya mereka berkaca dan sadar telah berubah wujud karena kegemarannya menyebar hoaks.

“Orang yang membuat hoaks itu sudah berubah karakternya, mereka tidak bisa membedakan kebenaran dan kepalsuan. Diibaratkan mereka yang suka memesan hoaks berubah menjadi buto. Itu simbol mereka sudah dikuasai angkara murka,” ujar Cahyaningrum seperti dirilis Kompas.com.

Ia melanjutkan, lakon ini untuk memberikan kesadaran audiens bahwa yang terjadi sekarang ini, hoaks sudah parah, baik di tingkat atas sampai bawah. Hoaks juga sudah menjadi komoditas, bukan hanya ekonomi, tetapi politik.

Para profesor yang berpartisipasi dalam pralakon ketoprak ini adalah Nizam, Triyono, Ali Agus, Samsul Kamal, Yoyok W Subroto, dan Cahyono Agus.

Sementara itu para dosen yang berpartisipasi adalah Noorhadi Rahardjo, Wikan Sakarinto, Cahyaningrum Dewajati, Antari Innaka, Wulan Astuti, dan Arsanti Wulandari.

Selesai ketoprak, acara dilanjutkan dengan pagelaran wayang orang dengan lakon Karna Tandhing. Wayang wong diperankan dan diiringi mahasiswa dan alumni UGM yang notabene bukan kampus seni.

Baca jugaPernikahan Crazy Rich Surabayan Vs Beauty Vloger Suhay Salim

Acara yang merupakan peringatan ulang tahun ke-50 dari salah satu unit kegiatan mahasiswa UGM, Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS) ini juga termasuk dalam rangkaian peringatan Dies ke-69 UGM.

Selain dilakukan oleh mahasiswa dan alumni, mereka juga berkolaborasi dengan beberapa seniman seperti sutradara dan dalang, Sukisno, pengendang, Nanang Karbito, dan penata tari, Dwi Handari Retnowati.

Wayang orang juga semakin meriah dengan kehadiran dua bintang tamu, yakni Didik Nini Thowok dan Yati Pesek. Keduanya sukses memecah tawa penonton yang hadir.

Karna Tandhing menceritakan salah satu adegan Perang Baratayudha ketika panglima perang pihak Kurawa, Karna melawan panglima perang pihak Pandawa, Arjuna. Meski lawan, mereka masih saudara kandung.

Karna dan Arjuna memang berhadapan satu sama lain, tetapi mereka masih menghormati satu sama lain. Pertempuran akhirnya dimenangkan Arjuna setelah Karna tewas terkena panah pusaka miliknya, Kyai Pasopati.

Menurut ketua panitia, Niken Annafi’ Kusuma, pementasan ini ditujukan untuk semakin mengenalkan kesenian pada khalayak, terutama mahasiswa.

Sementara itu Rektor UGM, Panut Mulyono yang juga hadir pada acara ini menyampaikan, pagelaran ketoprak dan wayang orang tersebut adalah bentuk tanggung jawab UGM untuk pelestarian budaya.

“Kita ingin Indonesia maju, tidak hanya dari sisi saintek, tetapi budaya. Kemudian juga hal-hal terkait kebudayaan harus mengikuti sehingga kita tidak tercabut dari jati diri kita dalam mencapai kemajuan,” pungkas Panut Mulyono. (Wiek/lna) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*