Pemeriksaan Pengunjung di Misa Natal Karanganyar dan Wonosobo

misa natal
Pengamanan misa natal | Foto: tribratanews
Mari berbagi

JoSS, KARANGANYAR – Ribuan jemaat gereja di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah memadati gelaran misa Natal tadi malam dan pagi ini. Kepolisian setempat melakukan penjagaan ketat gereja untuk menjaga keamanan dan kekhidmatan jalannya misa.

Pengamanan tempat ibadah umat Nasrani di perayaan Natal ini sudah dilakukan polisi sejak tadi malam hingga malam tahun baru. Diawali dengan sterilisasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendy. Diantaranya di Gereja Santo Pius, Cangakan dan Gereja Ngringo, Jaten.

Bagi Kapolres Catur, meski tidak ada yang perlu dikhawatirkan di perayaan Natal, namun prosedur tetap (protap) kepolisian wajib dilaksanakan. Setiap sudut gereja tidak luput dari pemeriksaan petugas. Dibantu dengan anjing pelacak dan menggunakan alat deteksi logam.

“Ini hanya menjalankan protap saja, semuanya harus benar-benar kondisi aman, dan nyaman sehingga jamaah yang akan menjalankan ibadah semuanya nyaman, tidak ada perasaan khawatir akan gangguan apapun,” kata Catur dilansir dari Suaramerdeka.com, Senin (24/12).

Baca juga: Berwirausaha Di Semarang Menguntungkan , Begini Penjelasan Hendi

Misa Natal di Gereja Santo Pius diperkirakan diikuti sekitar 1.500 jemaat, di Gereja Cangakan setidaknya ada 800-an dan Gereja Ngringo ada 1.000-an jemaat. Jumlah jemaat di misa Natal dipastikan lebih besar lantaran belum termasuk gereja lain yang lebih kecil kapasitanya.

Pengunjung gereja tetap diperiksa di pintu masuk. Selain memastikan tidak membawa barang berbahaya, pemeriksaan juga untuk identifikasi, memastikan ada tidaknya orang asing yang tidak dikenal jemaat lain. “Setiap gereja harus ada penanggung jawabnya sehingga jika ada sesuatu semuanya sudah siaga,” imbuhnya.

Sementara di Wonosobo, antisipasi juga sudah dilakukan kepolisian setempat Polres menerjunkan tim untuk pengamanan kegiatan misa Natal. Sterilisasi gereja juga sudah dilakukan jelang misa Natal tadi malam.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras menyebutkan ada sembilan gereja dari sekitar 40 gereja di Wonosobo yang jadi fokus perhatiannya. Puluhan personel dikerahkan untuk mengawal jalannya misa di sembilan gereja yang masuk kategori gereja dengan jumlah jemaat besar itu.

Sementara untuk gereja lain tetap dikawal dengan jumlah personel menyesuaikan kondisi lapangan dan kapasitas gereja. Pengamanan gereja dibantu anggota TNI dari Kodim 0707. (Wiek/Joy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*