Press "Enter" to skip to content

Paduan Suara Indonesia Borong 5 Penghargaan di Roma

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Lagi-lagi Indonesia berhasil mendapat penghargaan dalam festival paduan suara tingkat internasional.

Kali ini Paduan Suara Jakarta Youth Choir (JYC) berhasil memborong lima penghargaan di Festival Internazionale Chorus Inside Advent ke-34 di Roma, Italia yang digelar pada 1-3 Desember 2018.

Festival yang diikuti oleh kelompok paduan suara dari Italia, Prancis, Kroasia, Amerika Serikat, Romania, Ghana, Rusia, Polandia dan JYC dari Indonesia.

Dalam penampilan tersebut, JYC tampil menakjubkan dan mendapat standing ovation.

Presiden Chorus Inside International Davide Recchia menyatakan kekagumannya terhadap JYC yang meraih juara umum atau Grand Prix dengan nilai sempurna 30/30.

“Untuk pertama kalinya, para juri memberikan nilai sempurna kepada satu peserta. Ini sangat mengesankan,” katanya dalam keterangan tertulis yang dirilis Viva.co.id.

Davide mengaku terkesan kepada JYC yang telah merepresentasikan bahwa musik dapat menjadi

pemersatu berbagai negara dan kepercayaan untuk menghasilkan suatu karya yang indah.

Dewan Juri yang terdiri dari Pasquale Veleno dari Italia, Giselle Elgarresta Rios (AS), dan Ines Kovacic Drndic (Kroasia) juga memberikan penghargaan kepada JYC sebagai juara Kategori Folklore, Sacred dan Mixed, Golden Diploma Kategori Musik dan Koreografi, serta Special Award untuk Koreografi Terbaik dan Konduktor Terbaik, yaitu Septo Adi Kristanto Simanjuntak.

Baca jugaPDAM Siap Pasok Air Bersih untuk NYIA

Paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemprov DKI Jakarta ini menyanyikan lagu-lagu daerah seperti Soleram, Jali-Jali, Toki Tifa, Hela Rotan, Bungong Jeumpa, dan Yamko Rambe Yamko dengan penampilan vokal, koreografi dan kostum menarik.

Selain itu, mereka juga menyanyikan lagu-lagu klasik O Nata Lux, Cantate Domino, dan Gloria Patri memukau para juri maupun hadirin di Gereja Santa Maria in Portico yang berada di kawasan bersejarah pusat kota Roma.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani mengapresiasi para personel paduan suara yang baru berdiri tahun 2015 ini.

“Harapan saya paduan suara Jakarta Youth Choir terus bekerja keras meningkatkan kemampuannya agar dapat meraih prestasi lainnya dan menyebarkan perdamaian melalui musik,” ujarnya.

Sebelumnya Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir dari Manado dan Karangturi Choir dari Semarang pernah memperoleh prestasi membanggakan dalam The Rimini International Choral Competition 2018 yang diselenggarakan pada 20-23 September 2018 lalu di Rimini, Italia.

Kedua paduan suara wakil Indonesia tersebut berhasil masuk ke babak Grand Prix bertanding dengan enam tim lainnya dari berbagai negara pada Minggu 23 September 2018 malam waktu Italia. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id