Kulon Progo Siap Menjadi Sentra Durian

kulon progo
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogja, berencana mengembangkan durian dan siap menjadi sentra durian. Tepatnya di Desa Gerbosari, lahan seluas 10 hektare akan ditanami durian dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Gerbosari Rudi Hartoyo di Kulon Progo, belum lama ini, mengatakan Pemerintah Desa Gerbosari merencanakan untuk mengadakan pelatihan kepada warga. Pelatihan itu meliputi penanaman durian sekaligus membelikan bibit.

Masyarakat, kata Rudi, diberi pengetahuan mulai dari menyiapkan lahan, menanam, merawat. “Juga membuat pohon durian menjadi pohon yg produktif namun buahnya juga berkualitas,” katanya seperti dirilis Tempo.co.

Rudi mengungkapkan pemerintah telah rapat bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gerbosari. Dalam rapat itu muncul kesepakatran membuat kawasan unggulan durian di lima pedukuhan, yakni Pedukuhan Sumbo, Tlogo, Dukuh, Kayugede, dan Menggermalang.

Bibit durian yang dibagikan terdiri dari tiga varietas, yaitu Montong, Kumbokarno dan Menoreh Kuning. Penyaluran bibit tanaman durian pada warga bersumber dari dana desa untuk 750 batang. Di luar itu ada bantuan dari BKAD Kecamatan Samigaluh sejumlah 500 batang. “Bantuan bibit durian dibagikan pada warga dengan sasaran rumah tangga miskin.”

Baca jugaRumah Renteng Solo Dibangun Awal 2019

Kepala Desa Gerbosari, Damar, mengatakan selain durian, masyarakat juga didorog mengoptimalkan potensi lokal, mulai dari pangan lokal hingga kawasan agrowisata bunga krisan.

Hal ini tidak terlepas adanya program Bedah Bukit Menoreh dan Samigaluh sebagai kawasan penyangga KSPN Borobudur. Pemerintah Desa Gerbosari mulai merancangan pengembangan kawasan berbasis agro.

“Supaya masyarakat tidak hanya menjadi penonton dengan adanya program pengembangan kawasan KSPN Borobudur dan Bukit Menoreh,” katanya.

“Program pemberdayaan masyarakat di Desa Gerbosari 2018 adalah budi daya pohon durian. Hal ini didasarkan dari berbagai pengalaman dan informasi masyarakat yang kadang mendapat pertanyaan tentang pengembangan kawasan durian dari Kecamatan Samigaluh,” kata Rudi, baru-baru ini.

Kepala Desa Gerbosari Damar mengatakan Pemerintah Desa Gerbosari menyiapkan masyarakat dalam mengoptimalkan potensi lokal, mulai dari pangan lokal, kawasan agrowisata bunga krisan, hingga pengembangan kawasan durian.

Hal ini tidak terlepas adanya program Bedah Bukit Menoreh dan Samigaluh sebagai kawasan penyangga KSPN Borobudur. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*