Jokowi Jajal Tol Trans Jawa Gunakan Bus DAMRI Super Eksekutif

Mari berbagi

JoSS, SURABAYA – Presiden Joko Widodo bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan jajaran direksi beberapa perusahaan pelat merah serta pejabat kementerian terkait akan meresmikan sekaligus menjajal Tol Trans Jawa, hari ini Kamis (20/12).

Uniknya, perjalanan dari Surabaya hingga Semarang Jokowi dan rombongan menggunakan bus DAMRI super eksekutif.

Ada 5 bus yang ikut dalam perjalanan ini. Rencananya, rombongan bus kepala negara itu berhenti dan meninjau beberapa rest area di ruas tol yang dilalui.

Dari Surabaya rombongan masuk ke tol yang mengarah ke Mojokerto sejauh 36,27 km. Selanjutnya, dari Mojokerto ke Jombang sejauh 40,5 km.

Dari Jombang perjalanan berlanjut dengan memasuki Tol Kertosono-Ngawi. Jarak yang ditempuh adalah 117,40 km.

Dari Ngawi, Jokowi dan rombongan mengarah ke Solo. Jalur tol yang ditempuh sepanjang 90,43 km. Terakhir, Jokowi dan rombongan akan menjajal Tol Solo-Semarang sejauh 72,64 km.

Baca jugaKorupsi Dana Hibah Lima Pegawai Kemenpora Jadi Tersangka

Dalam ekspedisi jalanan Tol Trans Jawa ini Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Jalan Tol Pemalang – Batang, Batang – Semarang, Salatiga (Boyolali) – Kartasura, Wilangan (Nganjuk) – Kertosono, dan Gempol (Pasuruan) – Probolinggo.

Tarif kelima jalan tol ini masih gratis dan baru akan berbayar pada 1 Januari 2019 mendatang.

Jokowi ingin tol Trans Jawa ini dapat digunakan saat mudik Natal dan tahun baru. Ia pun berharap mobilitas masyarakat yang ada di Pulau Jawa bisa lebih muda dan tepat waktu.

“Tahun depan Insya Allah dari Merak-Banyuwangi sudah. Artinya kita harapkan mobilitas barang, orang, logistik, bisa lebih, cepat, murah dan tepat waktu, dan juga nantinya terintegerasinya tol ini dengan kawasan wisata dan kawasan industri,” kata Jokowi, seperti dikutip dari Okezone.com, Kamis (20/12).

Presiden menilai jalan Tol Trans Jawa mampu meningkatkan investasi yang ada di jalan-jalan yang ada di sekitar jalan Tol Trans Jawa.

“Yang kita harapkan bisa membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dengan adanya investasi,” tuturnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pihaknya sudah tiga kali melalui Tol Trans Jawa ini dan saat ini jalan tol sudah sangat rapi dan mendapat sertifikasi layak guna.

“Ini aku ketiga [survey ruas Trans Jawa]. Kita cek terus karena ditargetin pokoknya sebelum Natal ya, supaya masyarakat bisa merasakan jalan tol ini untuk liburanlah,” jelas Rini.

Selain itu, sesuai permintaan Jokowi agar usaha mikro dan kecil tidak ‘mati’ akibat dibangunnya jalan tol ini, nantinya rest area di sepanjang ruas Tol Trans Jawa ini bisa dimanfaatkan oleh pengusaha mikro dan kecil untuk berjualan.

“Jadi, nanti masyarakat pas lewat bisa tahu; oh di situ ada produk itu. Misal, Brebes telur asin, Madiun ada kue kesukaan, kue bluder,” kata Rini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*