Gunung Anak Krakatau Meletus Sembilan Jalur Penerbangan Dialihkan

Gunung Anak Krakatau
Aktifitas letusan Gunung Anak Krakatau | Foto: instagram sukamdani_gunners543
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan ada sembilan jalur penerbangan yang dialihkan terkait peningkatak aktifitas Gunung Anak Krakatau. Sementara itu warga Pulau Sebesi juga sudah di evakuasi.

Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho memastikan masyarakat yang berada di Pulau Sebesi akan ikut dievakuasi ke Lampung Selatan. Sebagai gambaran, Pulau Sebesi terletak berdekatan dengan Gunung Anak Krakatau. Kemarin, status Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari waspada ke siaga.

Sutopo juga menyebut hanya ada sembilan penerbangan internasional dan domestik yang dialihkan dari wilayah tersebut saat status Gunung Anak Krakatau ditingkatkan. Sementara itu untuk transportasi laut tidak ada kendala apapun.

“Transportasi laut sampai saat ini normal. Merak-Bakauheni normal. Tetapi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menyampaikan imbauan ke masyarakat agar waspada saat mendekati lokasi Gunung Anak Krakatau,” ujar Sutopo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (28/12).

Sutopo mengemukakan, ada kemungkinan masa tanggap darurat di wilayah Lampung Selatan, terutama yang terkena terjangan tsunami, diperpanjang. Akan tetapi, hal itu berdasarkan evaluasinya.

Pulau Sebesi merupakan sebuah pulau yang secara administratif berada di wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung. Pulau ini merupakan daratan yang paling dekat dengan gugusan pulai Krakatau dan sempat menjadi saksi kedahsyatan letusan besar Krakatau yang terjadi pada 1883.

Kenaikan status Gunung Anak Kratakau menjadi siaga diikuti sejumlah peringatan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sutopo menuturkan PVMBG merekomendasikan masyarakat dan wisatawan dilarang melakukan aktivitas di dalam radius 5 km dari puncak kawah.

Baca juga: Dua Korea Resmikan Rel Kereta Penghubung Kedua Negara

“Karena berbahaya terkena dampak erupsi berupa lontaran batu pijar, awan panas dan abu vulkanik pekat. Di dalam radius 5 km tersebut tidak ada permukiman,” kata Sutopo.

Sementara itu, lanjut dia, BMKG merekomendasikan, masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di pantai pada radius 500 meter hingga 1 kilometer dari pantai untuk mengantisipasi tsunami susulan. Tsunami yang dibangkitkan longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau.

Terkait abu vulkanik Gunung Anak Krakatau yang melanda sejumlah daerah, termasuk Cilegon, BNPB menyatakan bahwa konsisi tersebut masih aman karena abu vulkaniknya tipis.

“Hujan sekali juga hilang. Dampaknya tidak terlalu signifikan mengganggu aktivitas atau kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Sutopo juga mengatakan, seandainya terjadi letusan besar, dampak dari letusan itu tidak akan sebesar letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883. Ini mengingat diameter kawah Gunung Anak Krakatau hanya seluas 2 KM.

“Tidak sebesar ibunya (Gunung Krakatau), yaitu 12 KM. Sehingga kemungkinan erupsi tidak akan sebesar yang terjadi di tahun 1883. Tidak ada juga tsunami setinggi 36 meter,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*