fbpx

BTS Diprediksikan Mampu Sumbang Perekonomian Korsel USD49,8 Miliar

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Pengamat ekonomi Korea Selatan memprediksikan apabila grup idola BTS mencapai usia yang ke 10 tahun mereka akan memberikan dampak ekonomi lebih besar daripada acara PyeongChang Winter Olympics 2018.

Dilansir dari asiae.co.kr, Rabu (18/12) Hyundai Research Institute (HRI) merilis keterangan resmi yang menyatakan sejak BTS mulai dikenal pada 2014.

Sumber  HRI menyatakan jika mereka mampu tetap solid hingga 2023 maka dampak ekonomi yang diberikan oleh BTS terhadap perekonomian Negeri Gingseng itu akan mencapai sekitar 56,2 triliun won atau sekitar USD49,8 miliar.

“Total tersebut merupakan hasil gabungan dari produksi (sekitar 41,9 triliun won) dan efek penciptaan nilai tambah (14,3 triliun won) selama 10 tahun,” kata sumber HRI dalam keterangan resminya.

Sebagai perbandingan, pada pelaksanaan PyeongChang Winter Olympics 2018, sesuai dengan hasil yang disampaikan oleh Korea Development Institute, dampak ekonomi Korea Selatan pada ajang olahraga tersebut adalah sebesar 41,6 triliun won atau sekitar USD36,9 miliar.

Baca jugaManagement Pastikan Wanna One Bubar Akhir 2018

HRI menggunakan berbagai metrik untuk mengukur dan menganalisis pengaruh ekonomi BTS, termasuk tren Google, analisis regresi, analisis interindustri, dan banyak lagi. Menurut temuan mereka, peningkatan popularitas BTS menyebabkan peningkatan besar dalam pariwisata ke Korea serta ekspor barang-barang konsumsi.

Dalam laporan tersebut juga diberitahukan bahwa BTS kini menghasilkan pemasukan untuk ekonomi Korea Selatan karena BTS adalah membawa rata-rata 796.000 turis per tahun atau sekitar 7,6% dari jumlah total turis yang datang ke Korea Selatan pada 2017 yakni sebesar 10,4 juta.

Dikutip dari Kabar24, kontribusi tahunan rata-rata BTS terhadap ekspor barang-barang konsumsi adalah sekitar USD1,1 miliar, yang merupakan 1,7% dari total ekspor konsumen tahun lalu sebesar US$65,2 miliar.

Laporan HRI menyatakan bahwa industri yang terdampak efek terbesar adalah pakaian, kosmetik, dan makanan, yang bekerja sama dengan BTS.

Efek rangsangan produksi tahunan rata-rata BTS adalah 4,14 triliun won (sekitar US$3,7 miliar), kira-kira 26 kali lipat dari rata-rata penjualan tahunan untuk perusahaan menengah di Korea, sementara rata-rata peningkatan nilai tambah tahunan rata-rata BTS adalah 1,4 triliun won atau sekitar USD1,3 miliar. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *