fbpx

Brigde Fountain di BKB Ikon Baru Kota Semarang

semarang
Proses ujicoba bridge fountain di BKB, Minggu | Foto: instagram febbykristianto
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Air mancur menari di Jembatan Banjir Kanal Barat (BKB) akan mulai dioperasikan pada 20 Desember besok.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminuddin kepada JoSS.co.id di Semarang, Senin (17/12). Menurutnya,  air mancur ini bersistem automatis dan menggunakan sensor.

“Memang kita target sebelum 20 Desember sudah rampung pengerjaannya,” terangnya.  .Dijelaskan, atraksi air mancur dengan sorotan lampu warna-warni ini akan menjadi pertunjukan yang menarik. Terlebih jembatan air mancur ini memang diproyeksi menjadi salah satu ikon baru di Kota Semarang.

Dikatakannya, cara kerja air mancur itu bersistem automatis dengan menggunakan sensor menyesuaikan dengan irama lagu yang sedang diputar. Nantinya, tarian air mancurnya juga dapat mengikuti irama musik yang disetel secara sistem komputer.

“Saat ini prosesnya masih penyelesaian pada mesinnya. Karena menggunakan sensor dan masuk control room juga memakai nosel. Jadi saat air terjun menari dipastikan dulu sesuai dengan irama musiknya. Ini baru dicek sampai proses tersebut,” tukasnya.

Baca juga: Proyek Kereta NYIA Butuh Dana Rp1,1 Triliun
Semarang

Walikota Hendrar Prihadi melihat dari dekat proses ujicoba bridge fountain di BKB, Minggu malam, sekaligus memastikan air mancur menari ini akan diluncurkan resmi akhir bulan ini. | Foto: gus/joss.co.id

Ada tiga air mancur yang ditempatkan di sisi kanan dan kiri jembatan. Satunya lagi, berada di antara dua jembatan.

Secara teknis, air disedot menggunakan pompa, kemudian disemprotkan ke arah sungai. Air mancur itu bergerak- gerak seperti pola yang diinginkan.

“Akan ada 10 koreografi atau lagu yang dimainkan lengkap dengan lampu warna warni,’ imbuh Iswar.

Ditegaskannya, pada perayaan Tahun Baru 2019, nantinya akan dioperasikan untuk menghibur masyarakat. Nantinya, pengoperasian bridge fountain tidak setiap hari namun menunggu hasil kebijakan Walikota Semarang seperti apa.

Iswar menambahkan, sungai BKB punya potensi menarik bagi wisatawan karena sungai ini nantinya menambah destinasi wisata bagi pengunjung. Setelah water fountain di Taman Indonesia Kaya dan Tugu Muda, Semarang juga memiliki air mancur serupa di atas jembatan BKB ini.

Proyek ini, imbuh Iswar, menelan biaya sampai Rp 17 miliar. Setelah ditetapkan pemenang lelang, pengerjaan di lapangan langsung dimulai pada awal bulan Agustus lalu dan waktu yang dibutuhkan sekitar empat bulan. (gus/lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *