Press "Enter" to skip to content

5 Tradisi Unik Perayaan Natal

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA  Tak lama lagi umat Kristiani di seluruh dunia akan merayakan Natal. Yang menarik ternyata banyak tradisi menyambut Natal di beberapa negara. Mulai dari membuat kukis yang ditinggalkan untuk Santa Klaus atau berpesta hingga awal hari Natal. Dirangkum dari laman This in Insider,berikut  lima tradisi perayaan Natal di seluruh dunia.

1. Puasa

Orang-orang Rusia yang masih tradisional, biasanya berpuasa hingga petang pada Malam Natal. Puasa biasanya berlangsung hingga setelah perayaan malam atau ketika bintang-bintang mulai bermunculan.

Setelah puasa, beberapa orang makan hidangan tradisional Rusia yang disebut kutya. Kutya terdiri dari biji-bijian, madu, dan biji poppy. Cara makannya diibagikan dari mangkuk yang sama untuk melambangkan kesatuan. Tidak ada daging yang diizinkan untuk dimakan.

Seringkali, berkah rumah juga merupakan bagian dari tradisi Malam Natal. Yakni, seorang imam akan memercikkan air suci di setiap kamar dan berdoa agar semua orang memiliki  tahun yang aman dan penuh berkah

2. Sajian le Réveillon de Noël

Di Prancis, banyak keluarga yang menyantap makanan khas Natal, yang disebut le Réveillon de Noël, pada Malam Natal. Serupa dengan orang Kanada keturunan Prancis, sebagian besar keluarga di Prancis mengadakan pesta besar pada Malam Natal.

Makan malam tradisional termasuk daging seperti bebek atau angsa, serta lauk seperti foie gras dan tiram. Sajian makan malam diakhiri dengan Buche de Noël, kue bolu gulung yang dibentuk seperti Yule log, sajian penutup yang dihidangkan saat Natal di Belgia, Prancis, Swiss, Quebec, dan beberapa wilayah bekas koloni Prancis.

Baca jugaKoster: Perlu Perda Khusus Perlindungan Kebudayaan Bali

3. Pesta Tujuh Ikan

Italia merayakan Malam Natal dengan Pesta Tujuh Ikan. Yakni, acara makan malam dengan hidangan laut dan pasta yang besar yang jadi tradisi untuk orang Italia pada malam Natal.

Pesta Tujuh Ikan juga merayakan malam sebelum kelahiran bayi Yesus. Tradisi ini menyajikan tujuh hidangan makanan laut yang berbeda. Tradisi Pesta Tujuh Ikan berasal dari praktok Katolik Roma yang berpantang daging pada Malam Nata.

4. Makan salad kentang

Banyak orang Jerman yang makan salad kentang dengan sosis di Malam Natal.

5. Berbelanja

Malam Natal adalah salah satu hari belanja terbesar tahun ini di Cina. Apel natal yang dibungkus plastik adalah hadiah liburan yang populer di China. Asal-usul tradisi pemberian hadiah apel ini adalah karena kata ‘apel’ terdengar mirip dengan “Malam Natal” dalam bahasa Mandarin. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id