Press "Enter" to skip to content

Sambut Libur Nataru Sejumlah Ruas Tol Trans Jawa Beroperasi Gratis

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pemerintah menyatakan akan mengoperasikan seluruh ruas di Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 870 kilometer yang membentang Jakarta-Surabaya untuk menyambut libur mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru). Sejumlah ruas gratis.

Tol Trans Jawa disebut dapat memotong waktu tempuh kendaraan dari sekitar 20 jam melalui jalan nasional menjadi 12 jam.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan jika sebelumnya pada Mudik Lebaran Tahun ini sejumlah ruas berstatus fungsional, maka pada akhir tahun ini semuanya beroperasi penuh.

“Saat libur Nataru nanti seluruh ruas tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya pasti dioperasionalkan. Beberapa ruas khususnya yang baru masih gratis,” katanya seperti dikutip dari Antara, belum lama ini.

Ia mengatakan Kemenhub akan segera menyurvei kondisi jalan itu bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk demi memastikan jalan tol bisa dioperasikan menghadapi arus mudik Nataru.

Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Soebagiono mengatakan selain Trans Jawa, pemerintah pada mudik Natal dan tahun baru nanti akan memfungsikan jalur tol dari Lampung hingga Terbanggi Besar.

Baca jugaFilm AKB Siap Gala Premiere di Tengah Laut di Atas Kapal Pesiar

“Dari Lampung sampai Terbanggi Besar sudah bisa fungsional untuk jalur Natal. Sekarang tol sepanjang 140 km sudah bisa fungsional,” kata dia.

Diberitakan JoSS.co.id sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebutkan 13 ruas jalan tol baru yang akan dioperasikan pada periode Oktober-Desember 2018 memiliki panjang total 473,9 km. Adapun, periode 2015-2017, ruas tol baru di Indonesia bertambah sepanjang 332 km.

Data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR empat ruas tol baru diresmikan yakni Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 (37,3 km), Tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang 5,4 km, Tol Solo-Ngawi segmen SS Sragen-Ngawi (50,9 km), dan Tol Ciawi-Sukabumi seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,4 km).

Kemudian, pada November 2018 dua ruas tol baru yaitu Tol Pemalang-Batang seksi 1 dan 2 (SS Pemalang-Batang) sepanjang 33,8 km dan ruas Tol Semarang-Solo seksi 4 dan 5 Salatiga-Kartasura sepanjang 32,5 km.

Lalu, jelang penghujung tahun, sebanyak 7 ruas tol sepanjang 292,8 km disebut siap beroperasi. Antara lain, Tol Batang-Semarang seksi 1-5 (75 km), Tol Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono yang dibiayai APBN (39,1 km), Tol Kertosono-Mojokerto seksi 4 (0,9 km).

Relokasi Tol Porong-Gempol (Porong-Kejapanan) sepanjang 6,3 km, Tol Gempol-Pasuruan seksi 3 Pasuruan-Grati 12,2 km, Tol Pasuruan-Probolinggo seksi 1-3 Grati-Probolinggo Timur 32,4 km, dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket 1-4 sepanjang 126,9 km. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id