Press "Enter" to skip to content

Rukma Pastikan Nenek Sukimah Berada Di Rumah Pelayanan Sosial

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi memastikan Sukimah (73) lansia asal Desa Traji Parakan Temanggung telah mendapatkan perawatan di Rumah Pelayanan Sosial milik pemerintah di Ungaran.

Rukma mengatakan sudah mendapat laporan dari Dinas Sosial Provinsi  Jateng bahwa nenek sebatang kara itu telah dievakuasi dari tempat tinggalnya di Parakan Temanggung yang tidak layak untuk ditempati.

“Iya, kemarin mendapat laporan kalau Mbah Sukimah sudah sampai di Rumpelsos Wening Wardoyo Ungaran,” katanya kepada JoSS.co.id.

Menurut politikus PDIP itu, pelayanan terhadap Sukimah adalah bentuk negara hadir untuk memperhatikan warga negara yang membutuhkan pertolongan. Dalam Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”.

“Negara harus hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Mbah Sukimah ini harus ditolong, dipindahkan ke tempat yang lebih layak. Di rumah pelayanan sosial, segala sesuatunya sudah ditanggung oleh negara, makanan, fasilitas kesehatan dan perawatan ditangani dengan serius,” ujarnya.

Rukma Setyabudi
Mbah Sukimah saat dijemput petugas Dinsos Jateng | Foto: istimewa/joss.co.id/Lina Kasih

Seperti diketahui di sela-sela Kunjungan Kerja menuju Pondok Pesantren Mujahidin Bulu Temanggung Pada (6/11) lalu , Rukma Setyabudi yang kini mencalonkan dirinya untuk pemilihan legislative DPR RI pada Pileg 2019 mendatang di Dapil 9 yaitu Temanggung, Wonosobo dan Purworejo ini berusaha memindahkan nenek 73 tahun itu untuk  dirawat di Panti Pelayanan Sosial di Ungaran.

Kondisi Sukimah Lansia Temanggung kondisinya sangat memprihatinkan, sementara rumahnya tidak layak dan hidup sebatang kara. Bahkan di saat hujan deras Sukimah harus mengungsi ke tetangganya dikarenakan rumahnya bocor.

“Kasihan, kondisinya sangat memprihatinkan, apalagi disaat hujan deras, Mbah Sukimah ngungsi ke tetangganya” disampaikan bu Hari tokoh masyarakat Parakan.

Baca jugaAkhir Tahun Jalan Tol Jakarta-Surabaya Beroperasi Penuh

Begitu mendapat laporan tokoh setempat, Rukma langsung meninjau Sukimah ke Desa Traji Parakan Temanggung.

“Memang kondisinya sangat miris, yang harusnya bisa menikmati masa tua, ini harus hidup sendiri sebatang kara, untuk itu segera koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi untuk dijemput,” tutur Rukma.

Dihubungi terpisah Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah  Nurhadi Amiyanto via telepon langsung merespon laporan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi.

“Segera kita jemput hari ini juga tim dari Dinas Sosial meluncur, dan bila keluarga mengijinkan akan di bawa ke Panti Pelayanan Sosial di Ungaran,” kata Nurhadi. (lna/ADV)

Satu Komentar

  1. Galuh Ratih Galuh Ratih Jumat, 16 November 2018

    Sehat terus mbah Pin,pinarihan sih tentrem rahayu wonten pundi kemawon..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id