Kubah Lava Merapi Makin Besar Masyarakat Diminta Tetap Waspada

guguran lava
Gunung Merapi | Fpto: google
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Gunung Merapi tercatat telah mengeluarkan guguran lava yang terjadi beberapa kali dan mengarah ke arah bukaan kawah (hulu kali Gendol) dalam kurun waktu hampir sepekan terakhir.

Berdasarkan pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi BPPTKG, aktivitas tersebut teramati pada tanggal 23 November 2018 pukul 19.05 WIB dan terjadi sebanyak empat kali guguran lava dengan jarak luncur terjauh adalah 300 meter.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani, mengatakan saat ini Gunung Merapi telah memasuki fase magmatik sejak 11 Agustus 2018 lalu dengan ditandai dengan munculnya kubah lava yang semakin besar.

“Kubah lava muncul tepat di tengah rekahan kubah lava 2010 dan tumbuh secara simetris, volume kubah per 22 November mencapai 308.000 m3 dengan laju kecepatan rata-rata sekitar 3000 m3 per hari terhitung dari awal munculnya,” katanya dalam sesi jumpa pers di BPPTKG, belum alma ini seperti dikutip dari Tribunjogja.com.

Seiring dengan pertumbuhan kubah lava, lanjut dia guguran lava pada 22 Agustus 2018 dominan menuju ke arah barat laut dalam area kawah.

Material kubah lava 2018 juga saat ini sudah mencapai batas permukaan kubah lava pada erupsi 2010 yang hampir di semua arah termasuk pada arah bukaan kawah.

Baca jugaKeluar dari Uni Eropa, Inggris Kehilangan Peluang Bisnis Senilai USD1,7 Triliun

Hal ini memungkinkan guguran material kubah dapat langsung meluncur seperti yang terjadi pada guguran 23 November 2018 lalu.

Lebih lanjut, Kasbani menjelaskan, jika kubah lava terus mengalami pertumbuhan maka kejadian guguran lava akan terus terjadi dan meningkat intensitasnya seiring meningkatnya aktivitas kubah lava.

“Untuk saat ini intensitas guguran juga masih rendah dengan potensi material juga masih kecil sehingga belum membahayakan penduduk,” lanjutnya.

Pihaknya pun berharap warga masyarakat sekitar agar tetap tenang dan selalu mengikuti arahan-arahan oleh petugas dan informasi valid dari BPPTKG.

“Meski ini belum berbahaya tapi jangan masuk wilayah yang telah kami rekomendasikan,” katanya. Saat ini Gunung Merapi masih berstatus level dua atau Waspada dengan jarak bahaya 3 km.

Hingga saat ini BPPTKG juga belum menemukan indikasi bahwa status akan dinaikkan. “Dari data kegempaan, data informasi, data temperatur yang diatas dan semua kita kombinasikan, belum ada indikasi untuk dinaikkan statusnya, masih di level waspada,” pungkasnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*