Press "Enter" to skip to content

Di Usia 40-an Ini Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Badan tetap Fit

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Bagi Anda yang sudah Usia 40 tahun ke atas sebaiknya harus hati-hati. Minimal Anda harus lebih rajin menjaga kebugaran tubuh termasuk jenis makanan.

Profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral Brain Research Insitute University of California, Los Angeles Gary Small mengatakan sebaiknya persiapan dimulai dari usia 40 hingga 45 tahun jika ingin menua dengan sehat, caranya di antaranya adalah dengan memperbaiki pola makan.

“Memasuki usia 40 tahun, kita mulai mengetahui tanda-tanda menua. Misalnya saja, luka tidak cepat pulih, rambut berubah warna, dan sebagainya. Muncul pula penyakit-penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi atau obesitas,” kata Gary di Jakarta belum lama ini seperti dirilis Harianjogja.com.

Obesitas menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai di usia 40 tahunan.

“Obesitas itu dipicu oleh stres dan pola makan. Dampak buruk dari obesitas adalah mempercepat penurunan fungsi otak dan jantung,” ujar Gary.

Oleh karena itu, mereka yang berada pada usia ini harus memerhatikan pola makan yang benar. “Konsumsilah minyak ikan. Sebab, minyak ikan ini berkontribusi dalam mengatasi radang dalam tubuh kita. Dan kita dapat menua dengan sehat,” ujar Gary.

Selain itu, sarannya, penting pula untuk mengonsumsi buah dan sayur “Buah dan sayuran itu mengandung banyak antioksidan. Dan antioksidan ini berguna untuk mengatasi stres,” ujarnya.

Baca jugaLion Air PK-LQP Ternyata Sudah Rusak Sejak 4 Penerbangan Terakhir

Gary mengingatkan dengan tegas untuk menghindari mengonsumsi banyak gula karena hal itu tidak baik bagi kesehatan jantung dan otak.

Seiring bertambahnya usia, semua orang pun membutuhkan asupan nutrisi yang tepat.

Berikut adalah enam nutrisi dan vitamin yang Anda butuhkan ketika berumur 40 tahun ke atas.

1. Vitamin B-12

Vitamin ini dapat mudah Anda temukan pada produk hewani, seperti daging.

2. Kalsium

Mineral ini umumnya dapat Anda peroleh pada susu, keju, dan produk lainnya.

3. Vitamin D

Salah satu jenis vitamin ini dengan mudah Anda dapatkan ketika tubuh terpapar sinar matahari dan saat Anda mengonsumsi telur serta susu.

Jika memang tidak memngkinkan untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin D setiap hari.

4. Potassium

Potassium merupakan mineral penting untuk menjalankan fungsi otot dasar dan sistem saraf. Anda dapat memulainya dengan mengonsumsi kacang, kopi, cokelat, dan sayuran berdaun hijau.

5.Magnesium

Mineral ini penting dalam mengatur tekanan darah. Anda dapat menemukannya di sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan kenari.

6. Asam lemak omega-3

Asam lemak ini berfungsi untuk menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol baik bagi tubuh. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id