Cara Ini Dapat Membersihkan Paru-paru dari Efek Merokok

Merokok
Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – “Merokok dapat sebabkan kanker paru-paru” begitu bunyi peringatan yang ada dalam bungkus rokok yang beredar di Masyarakat.

Banyak hal negatif dampak merokok baik bagi si pelaku atau disebut perokok aktif maupun perokok pasif atau orang yang ada disekitar perokok.

Asap rokok dapat mengotori paru-paru. Kebiasaan merokok ini sulit dihentikan bagi para perokok dengan kondisi sedemikian rupa, membersihkan paru-paru adalah pilihan terbaik.

Seperti dirilis CNNIndonesia, ada banyak cara untuk membersihkan paru-paru, termasuk di antaranya dengan menggunakan ramuan alami jahe dan kunyit yang mampu mendetoksifikasi tubuh dari semua racun berbahaya.

Akar jahe memiliki kemampuan untuk membantu meredakan mual setelah merokok.

Bahan lainnya adalah kunyit yang mampu melawan dampak buruk akibat merokok. Bahan selanjutnya adalah bawang. Bawang mengandung quercetin yang diketahui mampu mencegah kanker paru-paru dan memiliki sifat antioksidan juga antiinflamasi.

Baca juga: Dua Bidang Lahan di Sisi Timur Flyover Manahan Bakal Digusur

Mengutip NDTV, berikut ramuan alami jahe dan kunyit yang bisa Anda konsumsi setelah merokok.

Bahan-bahan:

1 potong kecil jahe, 400 gram bawang yang telah dicincang, 2 sendok teh kunyit dan 1 liter air.

Cara membuatnya:

Rebus air dalam panci, lalu tambahkan akar jahe dan bawang. Parut jahe ke dalam air dan tambahkan kunyit.

Turunkan suhu dan biarkan mendidih hingga beberapa menit. Angkat ramuan jika telah mendidih. Minum ramuan tersebut dua kali sehari setelah Anda merokok untuk membantu membersihkan paru-paru.

Sementara itu, meski sudah berhenti merokok, sisa nikotin tetap tinggal di dalam paru hingga beberapa waktu. Untuk memusnahkannya, jauhkan diri dari asap rokok atau  gunakan masker atau kain penutup hidung.

Latihan pernapasan khususnya menghirup napas dalam-dalam bisa meningkatkan kapasitas paru-paru untuk mengantar oksigen lebih banyak ke tubuh. Paru-paru menjadi kuat dan saluran napas menjadi bersih.

Selanjutnya, konsumsi jahe dan pepermint adalah dua bahan makanan yang mampu membersihkan paru. Sedangkan pepermint dan minyak pepermint yang mengandung mentol dapat membuat rileks otot saluran pernapasan.

Bahan lain yaitu omega 3 merupakan zat yang dapat membersihkan paru-paru. Selain itu, Omega 3 juga dapat memperbaiki fungsi paru-paru dilihat dari berkurangnya tingkat produksi lendir serta gejala penyakit paru-paru. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*