Asiik, Becak Listrik Android Bakal Bersliweran Di Jogja

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Setelah ngetrend dengan becak motor, tak lama lagi bakal ramai dengan Becak Listrik Android (Belia). Becak ini sudah mulai diujicobakan di wilayah Jogja.

Namun sayangnya masih ada sedikit kekurangan, yaitu pada system pengereman. Dibanding dengan becak motor, Belia masih mempertahankan gaya lamanya, yaitu tetap bisa dikayuh.

Kabid Angkutan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Hari Agus Triyono mengatakan purwarupa becak yang sedang diujicobakan tersebut memiliki tenaga penggerak dari listrik dan ramah lingkungan.

Keberadaan becak yang menggunakan penggerak listrik (aki/baterai) harus tetap bisa dikayuh.

“Namanya tetap becak tapi ada inovasi. Ada kekurangan itu yang dicatat kemudian diperbaiki. Ini masih prototipe, belum diproduksi massal,” katanya di sela uji coba di Gedontengen, Jogja, Jumat (23/11) seperti dirilis Harianjogja.com.

Baca jugaFilm AKB Siap Gala Premiere di Tengah Laut di Atas Kapal Pesiar

Dia berharap becak Jogja punya ciri khas. Bukan berbentuk becak motor (betor), tetapi mempertahankan pedal kayuh. Bentuk dan ukuran diatur dan mengusung ciri khas Jogja, meskipun sudah dimodifikasi.

Terkait Belia tersebut, kata Agus, masih harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Modifikasi yang dilakukan harus memperhatikan unsur keamanan agar para penumpang lebih nyaman.

“Faktor kelayakan, keamanan dan lainnya harus sesuai. Becak ini (Belia) misalnya, ada masukan peleknya terlalu kecil, butuh dua rem lagi di depan agar lebih aman. Yang sekarang kan hanya ada satu rem di (roda) belakang,” katanya.

Sekadar diketahui, dua unit Belia yang diujicobakan tersebut memiliki dua harga berbeda, antara Rp17 juta hingga Rp20 juta. Harga tersebut masih terbilang mahal untuk sebuah becak.

Namun Konseptor Belia Rudi Winarso mengatakan jika becak listrik tersebut disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini.

“Kami tetap mempertahankan estetika sebagai becak kayuh,” katanya.

Belia merupakan inovasi becak tradisional kayuh khas Jogja yang dilengkapi piranti untuk bisa mengakses informasi berupa destinasi, akomodasi, belanja, kuliner dan agenda pariwisata melalui peralatan smartphone yang terinstal aplikasi Android Jogja Istimewa.

Becak ini dilengkapi dengan GPS dan tambahan peralatan tata suara dolby stereo. Dari sisi keamanan, Belia dilengkapi lampu, klakson serta rem cakram yang terpasang di roda belakang. Kecepatan Belia bisa mencapai 40 kilometer per jam.

Sebagai motor penggerak, Belia dilengkapi dengan dinamo listrik Brushless Direct Current (BLDC) 350W, baterei 48Volt/20Ah, sebagai tenaga alternatif/alat bantu gerak.

“Baterai berdaya 350 watt ditempatkan di bawah jok penumpang. Tenaga mekanik dari kayuhan kaki pengemudi becak bisa digantikan tenaga listrik untuk menggerakkan becak,” katanya. (Wiek/lna)

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*