Press "Enter" to skip to content

Perempuan 52 Tahun Rebut Emas Dalam Asian Para Games 2018

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Zulfiya Gabidullina menunjukkan perjuangan luar biasa pada ajang Asian Para Games 2018. Selain keterbatasan fisik, dia juga harus melawan usia.

Namun, kondisi itu tidak mengurangi semangatnya. Kini berusia 52 tahun, Gabidullina sukses menorehkan prestasi di ajang olahraga akbar untuk kaum penyandang disabilitas.

Dia menjadi yang tercepat pada cabor para renang nomor 100 meter gaya bebas S4 putri di Stadion Akuatik GBK, Selasa (9/10). Gabidullina membukukan waktu satu menit 42,27 detik.

Sosok kelahiran Taraz Kazakhstan ini mengungguli para rival yang tidak mencapai setengah usianya pada persaingan di cabang olahraga tersebut.

Atlet Tiongkok Peng Qiuping, berumur 24 tahun, merebut perak lewat satu menit 47,59 detik. Sedangkan wakil Singapura Yip Pin Xiu, 26, meraih perunggu berkat torehan dua menit 18,76 detik.

Prestasi sebenarnya bukan hal asing bagi Gabidullina. Dia merebut medali emas Paralimpik Rio de Janeiro dari nomor 100 meter gaya bebas S3 putri. Gabidullina juga kerap memenangkan medali pada World Para Swimming Championships. Gabidullina menjadi penyandang disabilitas rungu di usia lima tahun akibat kecelakaan mobil.

David Jacobs

Penyumbang emas lainnya yaitu, David Jacobs mampu menyumbang medali Asian Paragames 2018  untuk cabang tenis meja putra TT 10. Di babak final yang digelar di Ecovention Ancol, Selasa (9/10) dia mengalahkan atlet Tiongkok, Liao Han dengan skor 3-1.

Pada set pertama David mampu menang dengan skor 11-4. Bahkan set pertama ini berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

Pada set kedua permainan mulai berimbang. Lian Hao mampu mengembangkan permainan dan menang dengan skor 11-7.

Set ketiga permainan semakin seru. Namun David kembali bangkit dan menang dengan skor 11-6. Untuk set keempat, David sempat kehilangan performa terbaiknya di awal set. Deuce terjadi hingga akhirnya David akhirnya David menang dengan skor 17-15.

Terakhir Indonesia kembali sukses menambah satu medali emas lagi , Selasa (9/10). Maris Elsa menyumbang medali keenam dari cabang tenpin bowling nomor tunggal putri TPB4.

Total, Indonesia kini mengoleksi 33 medali. Rinciannya enam emas, 11 perak, 18 perunggu. Indonesia masih berada di posisi keenam. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id