Press "Enter" to skip to content

Manfaat Jalan Kaki Yang Belum Anda Tau

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Lari memang menjadi salah satu olahraga yang efektif membuat kita tetap bugar dan bisa menurunkan berat badan.

Namun, tak setiap orang bisa melakukannya rutin setiap hari. Dalam beberapa hal, jalan kaki menjadi lebih baik ketimbang lari. Apalagi jika kamu bertekad untuk

Seperti dirilis Kompas.Com, Studi Asosiasi Jantung Amerika Serikat yang dipublikasikan pada 2017 mengungkapkan, jalan cepat sama efektifnya dengan jogging. Kedua cara tersebut bisa menurunkan sejumlah faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.

Jadi, di samping olahraga lari yang kini sedang menjadi tren, beberapa ilmuwan mengatakan aktivitas jalan kaki sebetulnya lebih baik daripada lari. Hal itu karena :

  1. Lebih mudah Banyak orang disibukkan dengan jadwal keseharian.  Tapi, jalan kaki adalah aktivitas yang bisa dilakukan hampir di semua tempat dan tidak membutuhkan persiapan apa pun. Jalan kaki juga mengeluarkan keringat lebih sedikit. Berkeringat dan harus segera mandi setelahnya.” Demikian dikatakan exercise science expert dan pemilik Fleet Feet of West Hartford, Stephany Blozy.
  2. Terlalu lama lari membawa risiko. Salah satu manfaat lari adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Meski begitu, hal ini bergantung pada kondisi masing-masing orang. Sebab, bagi mereka yang memiliki sejarah penyakit kardiovaskular, lari justru bisa meningkatkan denyut jantung. Lari jarak jauh bisa melepaskan protein tertentu yang bisa menimbulkan efek merusak pada jantung.
  3. Lebih ringan bagi sendi Baik Blozy maupun Lovitz sepakat, jalan kaki lebih ringan bagi sendi-sendi tubuh ketimbang berlari. Jadi, jika kamu mengalami sakit atau kaku, cobalah aktivitas low-impact, seperti jalan kaki.
  4. Berinteraksi dengan alam Jalan kaki memberi kita kesempatan untuk bereksplorasi dan menghabiskan waktu di alam. Berbeda jika kita melakukan olahraga lari di atas treadmill.
  5. Jalan kaki justru merupakan olahraga yang tepat untuk berinteraksi dengan kerabat dan keluarga sambil tetap aktif.
  6. Jalan kaki lebih mudah untuk dipertahankan. jalan kaki adalah aktivitas yang hampir semua orang bisa lakukan. Jadi, jalan kaki adalah olahraga yang tepat bagi pemula untuk mulai rutin bergerak. Mengindari kelelahan ketika olahraga adalah hal yang sulit. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id