Press "Enter" to skip to content

Aktor Senior Rudy Wowor Meninggal Dunia Karena Penyakit Ini

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Rudy Wowor menghebuskan napas terakhirnya di rumah sakit Meilia Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (5/10) pada usia 74 tahun. Kemudian dibawa ke kediaman putranya di daerah Depok.

Aktor senior yang memiliki nama lengkap Rudolf Canesius Soemolang Wowor ini lahir di Amsterdam, Belanda pada 13 Desember 1943. Ia dikenal melalui aktingnya sebagai tokoh antagonis.

Berbagai penghargaan pun berhasil diraih Rudy Wowor selagi menyelami dunia hiburan tanah air.

Selain sebagai aktor, Rudy Wowor juga dikenal sebagai salah satu penari profesional, khususnya untuk dansa dan sebagai koreografer. Ada fakta menarik yang tak banyak orang ketahui tentang Rudy Wowor, rupanya aktor senior ini juga seorang penulis.

Pemeran Mayor Van Gaartner dalam film ‘Merah Putih’ itu meninggal dunia karena kanker prostat stadium akhir. Penyakit mematikan tersebut sudah bersarang di tubuh artis senior ini selama kurang lebih dua tahun terakhir.

Kepada awak media, Putra Rudy Wowor, Michael Wowor, menceritakan salah satu hal menyedihkan sebelum ayahnya meninggal dunia. Empat bulan lalu, ia terkejut mendapati sosok ayahnya yang sudah terkulai lemah.

Rasa terkejut itu terjadi karena sudah lama Michael tak berkomunikasi dengan ayahnya. Kabar memburuknya kesehatan Nominator Piala Citra itupun ia ketahui dari temannya, bukan pihak keluarga.

“Lima bulan enggak ketemu, saya masuk kamar, lihat papa benar-benar di tempat tidur, enggak berdaya, enggak bisa bangun, terus gerak dikit merintih kesakitan. Saya kaget enggak nyangka gitu,” jelas Michael Wowor, di rumah duka di Pesona Khayangan, Depok, Jumat (5/10).

Baca juga: Kirim Bantuan Ke Palu, Jateng Bangun 100 Hunian Sementara

Michael Wowor kemudian membawa aktor berdarah Belanda itu ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Sesampainya di sana, keluarga kembali mendapat kabar buruk tentang kondisi Rudy Wowor.

“Pihak dokter Kramat Jati kaget karena kateter sudah enam bulan di badan papa, padahal kateter itu cuma bisa dua minggu. Dokter lihat ada yang aneh, dokter anjurkan periksa semua. Lalu dokter bilang ini sangat amat terlambat,” tutur anak kedua Rudy Wowor tersebut.

Dan kian hari, semangat bintang film Sweet 20 tersebut untuk sembuh kian memudar. Sikapnya pun berubah menjadi sangat melankolis.

“Papa waktu dirawat itu semangatnya itu masih ada, masih mau ada kegiatan. Tapi ternyata tiga bulan belakangan semangat papa benar-benar hilang, hancur, dari yang semangatnya kuat. Baru lihat papa jadi lebih cengeng dan lebih sering nangis,” tuturnya.

Semasa hidupnya, Rudy Wowor pernah empat kali menikah. Ia memiliki tiga anak dari pernikahannya yang pertama dan ketiga. Bersama istri keempat, Rudy telah berpisah sejak beberapa tahun lalu.

“Kalau ibu saya istri ketiga. Istri pertama orang Belanda punya keturunan satu. Kedua orang Prancis, tapi saya enggak tahu dan enggak ada keturunan,” jelasnya.

Rudy Wowor telah dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Sabtu (6/10) tanpa kehadiran putrinya  Siti Madinah yang kini tinggal di Prancis.

film yang pernah dibintanginya antara lain Virgin Dreams, Aladdin, Tjoet Nja’ Dhien, Soerabaia ’45, Madame Dasima, Merah Putih, Java Heat,  dan Quickie Express. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id