Usai Diresmikan Alam Sutera Siap Bangun Kawasan GWK Cultural Park

GWK Cultural Park
Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) | Foto : instagram widianaadhi
Mari berbagi

JoSS, JIMBARAN BALI – Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang telah selesai pembangunannya selama 28 tahun akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. PT Alam Sutera siap kembangkan kawasan GWK Cultural Park.

Presiden Komisaris Alam Sutera Group, Harjanto Trihadiguno mengatakan pihaknya akan mengembangkan GWK Cultural Park, menjadi kompleks wisata yang berdiri di atas lahan seluas total 60 hektar.

Selain sebagai destinasi wisata dengan patung GWK, Alam Sutera akan menjadikan GWK Cultural Park sebagai wadah ekspresi budaya yang siap menggelar multi-event budaya berskala internasional di dalam atau di luar ruangan dengan total daya tampung mencapai 40 ribu orang.

Sedangkan untuk GWK Cultural Park yang terletak di lahan seluas 60 ha terdiri atas beberapa venue diantaranya Plaza Wisnu, Lotus Pond, Festival Park dengan luas 5 ribu meter dan kapasitas mencapai 600 tempat duduk.

“GWK Cultural Park seluas 60 hektare daya tampungnya mencapai 600 tempat duduk,” jelasnya, baru-baru ini.

Harjanto menjelaskan patung Garuda Wisnu Kencana yang telah rampung pengerjaannya mencapai tinggi hingga 121 meter di atas bangunan pedestal dengan bentang sayap mencapai lebar 64 meter.

“Kami menargetkan, satu juta pengunjung GWK untuk tahun ini,” katanya.

Baca juga : BI Targetkan 30% Nasabah Perbankan di Bali Gunakan GPN

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meresmikan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, secara simbolis melalui penandatanganan prasasti dan penekanan sirine pada Sabtu (22/9).

Peresmian Patung GWK juga disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya, Gubernur Bali I Wayan Koster, Presiden Komisaris PT Garuda Adhimatara Indonesia Sang Nyoman Suwisma, dan Presiden Komisaris Alam Sutera Group Haryanto Tirtohadiguno.

Peresmian patung ini menjadi acara puncak yang menandai 28 tahun pembangunan GWK. Peresmian ini pun mengangkat tema “Merajut Indonesia Esa” dengan menampilkan 300 penari. Selain itu, ada penampilan Bumi Gamelan Orchestra oleh I Wayan Balawan, dan penyanyi lainnya seperti Putri Ayu dan Duta Cinta.

Presiden Jokowi mengatakan pembangunan Patung GWK karya seniman Nyoman Nuarta merupakan mahakarya yang tidak hanya membanggakan masyarakat Bali, tetapi juga Indonesia.

Selain itu, kehadiran patung GWK membutikan bahwa Indonesia tidak hanya mewarisi budaya dan karya masa lalu seperti Candi Borobudur atau Prambanan, tetapi juga membuktikan Indonesia menjadi bangsa yang mampu membuat karya-karya baru.

Menurut dia, patung GWK ini diperkirakan mampu bertahan selama 100 tahun. Namun, diyakini patung GWK pada 100 tahun berikutnya dan masa-masa selanjutnya tetap akan menjadi karya yang dibicarakan.

“Saya melihat di balik kemegahan ada yang menjadi inspirasi yakni karya besar dimulai dari keberanian untuk membulai gagasan besar,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*