Press "Enter" to skip to content

UNS Terima 3,345 Calon Mahasiswa Baru Lewat SMBPTN

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima 3.345 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Dalam seleksi tersebut sedikitnya 84.000 peserta gagal diterima.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Sutarno, mengatakan berdasarkan pengumuman yang dilakukan mulai pukul 15.00 kemarin, UNS menerima 3.345 calon mahasiswa baru lewat jalur ujian tulis tersebut.

”Dari pengumuman SBMPTN 2018 Selasa (3/7) pukul 15.00 sore, diketahui jumlah mahasiswa baru yang diterima lewat jalur SBMPTN 2018 di UNS sebanyak 3. 345 orang,” ujarnya, baru-baru ini.

Prof Sutarno mengemukakan jika jumlah tersebut sekitar 50% dari kuota mahasiswa baru UNS dan ditambah sisa kuota dari kursi SNMPTN yang tidak mendaftar ulang. Kursi SNMPTN tersebut diputuskan untuk diisi dari jalur SBMPTN agar tak mengurangi kuota mahasiswa baru UNS.

“Ada sekitar 87.000 mahasiswa yang berminat untuk masuk ke UNS melalui jalur SBMPTN 2018 dan hanya 3.345 peserta yang diterima. Hari ini diumumkan,” ujarnya.

Ia mengatakan pengumuman SBMPTN 2018 bisa dicek langsung di laman SBMPTN. ”Pengumuman bisa dibuka di http://pengumuman.sbmptn.ac.id, kemudian memasukan NISN atau nomor pendaftaran pada kolom yang telah disediakan,” kata Sutarno.

Kemudian masukkan tanggal lahir dan klik tombol ‘Lihat Hasil Seleksi’. Dalam kolom tersebut nanti akan muncul keterangan kelulusan peserta SBMPTN 2018, apakah berhasil lolos atau tidak.

Selain laman utama tersebut, panitia juga menyediakan 12 laman mirror PTN. Sutarno mengingatkan agar mereka yang diterima dalam SBMPTN membaca secara cermat jadwal registrasi dan persyaratan lainnya yang tertera dalam pengumuman. ‘’Sudah ada jadwal registrasi maupun ketentuannya, tolong dicermati dan dilaksanakan sesuai waktunya,’’ kata Sutarno.

Baca juga : Juli, Lowongan CPNS Dibuka

Sementara itu Universitas Diponegoro (Undip) tahun ini menerima 3569 calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN dari 86.316 pendaftar di Undip. Sebanyak 32.223 peserta memilih Undip sebagai pilihan pertama, 31.796  memilih Undip sebagai pilihan kedua dan 22.297 ada dalam pilihan ketiga.

Calon mahasiswa yang berminat dan mendaftar di Undip melalui jalur SBMPTN, meningkat 14% jika dibandingkan tahun 2017.

Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Prodi Manajemen, Akuntansi, Fakultas Psikologi menjadi fakultas yang paling banyak diminati untuk kelompok bidang ilmu sosial humaniora.

Sementara Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik (Sipil) dan Ilmu Gizi, berturut-turut menjadi fakultas yang paling banyak diminati untuk kelompok bidang ilmu saint dan teknologi.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Muhamad Zaenuri menerangkan bahwa bahwa tingkat peminatan berbeda dengan tingkat keketatan persaingan masuk. Semakin kecil angka prosentasenya, semakin ketat persaingannya.

“Contoh prodi Farmasi dalam SBMPTN tahun 2018 peminatnya 1788 dan diterima sebanyak 34 orang. Jadi prosentase keketatan masuk ke Prodi itu sebesar 1,95%. Sedangkan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan prodi perikanan tangkap, prosentase keketatannya agak longgar yakni 12%, karena jumlah peminat 350 dan diterima 42 orang” jelas Guru Besar Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id