Press "Enter" to skip to content

Sekali Melaut Nelayan Cilacap Bawa Pulang 70 Kg Ikan

Mari berbagi

JoSS, CILACAP – Sejumlah nelayan Pandanarang Cilacap saat ini tengah menikmati musim panen ikan, menyusul membaiknya cuaca di perairan sekitar pesisir selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang Tarmuji mengatakan beberapa pekan lalu saat Lebaran nelayan tidak bisa melaut karena cuaca buruk dan ombak tinggi.

Namun saat ini ombak sudah mulai mereda dan ikan bermunculan sehingga menjadi berkat tersendiri bagi nelayan khususnya yang berada di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

“Alhamdulillah, sejak lebaran kemarin, ikan mulai bermunculan di perairan selatan Jateng. Saat ini, nelayan Pandanarang sedang panen ikan layur dan tengiri,” katanya di Tempat Pelelangan Ikan Pandanarang, Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Senin (2/7) Seperti dikutip dari Antara.

Tarmuji menuturkan sebagian besar hasil tangkapan nelayan berupa ikan layur dan tengiri. Peningkatan jumlah ikan yang naik ke permukaan terjadi sejak sejak Minggu (1/7) saat nelayan kembali melaut setelah beberapa pekan libur karena ombak besar.

Baca juga : Petani Bawang Di Bantul Raup Untung Puluhan Miliar

Dia menambahkan, dalam sekali melaut, nelayan bisa membawa pulang ikan layur sekitar 30-70 kilogram per perahu dan tengiri sebanyak 5-10 kilogram per perahu. Kondisi ini semakin menggembirakan karena harga jual untuk kedua jenis ikan tersebut relatif bagus.

“Harga jual ikan layur dan tengiri di tempat pelelangan pun cukup bagus,” katanya.

Ia mengatakan harga ikan layur saat ini mencapai Rp27.000 per kilogram untuk ukuran kecil dan Rp47.000 per kilogram untuk ukuran besar, sedangkan ikan tengiri mencapai Rp40.000 per kilogram.

Oleh karena itu, kata dia, banyak nelayan yang melaut untuk mencari ikan dan secara kebetulan, gelombang di perairan selatan Jaten dalam dua hari terakhir cukup bersahabat. “Kalau cuaca bagus gini dan hasil ikan banyak, mungkin akan semakin banyak lagi nelayan yang akan melaut,” ujarnya.

Tarmuji mengharapkan hasil tangkapan nelayan akan terus mengalami peningkatan meskipun sering kali terkendala oleh gelombang tinggi karena sekarang sedang berlangsung musim angin timuran.

“Namun biasanya setiap kali habis terjadi gelombang tinggi, banyak ikan ikan yang bermunculan. Kemarin saat lebaran sering terjadi gelombang tinggi, sekarang banyak ikan yang muncul,” katanya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id