Pemerintah Bangun Pabrik KA Di Banyuwangi Senilai Rp1,6 Triliun

pabrik kereta
Pabrik kereta api PT INKA Madiun | Foto : instagram pt_inka
Mari berbagi

JoSS, BANYUWANGI – Pemerintah akan memulai pembangunan pabrik kereta api (KA) di Banyuwangi dengan nilai investasi sebesar Rp1,6 triliun pada Agustus mendatang. Proyek tersebut untuk mendorong produksi kereta di Tanah Air.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengemukakan saat ini permintaan kereta api buatan RI semakin banyak, sementara pabrik PT INKA di Madiun sudah tidak representatif. Untuk itu, dibutuhkan pabrik dengan kapasitas lebih besar.

Dia menuturkan pemerintah telah menentukan pembangunan pabrik kereta api milik PT INKA, di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Rencananya, 26 Agustus groundbreaking dan awal Desember 2018 akan dimulai pekerjaan pembangunan pabrik tersebut.

“Permintaan kereta api buatan dalam negeri kian meningkat, sedangkan pabrik kereta di Madiun sudah sempit lahannya. Karena itu, butuh pabrik baru, dan kami tetapkan di Banyuwangi,” katanya, Minggu (1/7).

Rini menjelaskan saat ini banyak negara yang membeli kereta api buatan RI, sejumlah negara telah menandatangani kontrak kerja sama pembelian kereta api yaitu Filipina, Malaysia, Singapura dan Australia. Dalam waktu dekat telah melakukan negosiasi dengan sejumlah negara.

“PT INKA telah mengekspor ke berbagai negara, selain Filipina juga Bangladesh, Malaysia, Singapura, dan Australia. Saat ini juga tengah negoisasi dengan Thailand,” katanya.

Baca juga KAI Tutup Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Rini berharap dengan dibangunnya pabrik kereta api kedua ini, PT INKA bisa memenuhi permintaan dan mendominasi di pasar Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Afrika.

Pabrik kereta api ini dibangun di lahan seluas 84 hektare, menggunakan lahan milik PTPN XII. Pembangunan pabrik ini dilakukan dalam dua tahap. Proses pembangunan tahap pertama direncanakan mulai pada akhir 2018, dan dapat mulai beroperasi pada awal 2020. 

Menurut Rini, lokasi pabrik ini sangat strategis, yakni dekat dengan pelabuhan barang Tanjung Wangi yang dikelola PT Pelindo III, yang nantinya akan sangat mendukung perusahaan dalam proses pengiriman produk jadi melalui laut, baik untuk ekspor maupun untuk kebutuhan dalam negeri di luar Pulau Jawa. Selain itu didukung pula jalur kereta api di sekitar pabrik.

“Selain itu, juga berada dalam jalur jalan tol Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) yang dijadwalkan selesai pada akhir 2019. Pintu keluar tol masuk di bagian lahan pabrik, kami berharap berharap pembangunan pabrik di Banyuwangi juga akan berdampak pada kebutuhan tenaga kerja yang bisa dipenuhi dari sekolah vokasi yang ada di Banyuwangi,” katanya.

Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero) Mohamad Nur Sodiq yang turut dalam rombongan Menteri BUMN menjelaskan, pihaknya tengah menyelesaikan proses perizinan dan rancang bangun pabrik modern yang akan digunakan untuk memproduksi sarana kereta api berbasis alumunium dan stainless steel ini.

“Pengurusan pelepasan aset dalam progress. Di BPN, lagi diurus switch dari hak guna usaha (HGU) ke hak guna bangunan (HGB). Kami juga urus-urus perizinan di pemkab. Pemkab Banyuwangi sangat support kami,” kata Sodiq.

Ia menjelaskan pabrik kereta di Banyuwangi diproyeksikan memiliki empat line, yang mana kapasitasnya satu unit per hari per line. Jadi, kalau pembangunan sudah selesai semua, lanjut dia, sehari bisa produksi 5-6 kereta.

“Pabrik ini juga akan dilengkapi test track sepanjang 3 km. Ini sangat cukup untuk pengujian semua jenis kereta yang kami buat,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*