Press "Enter" to skip to content

Drama Penyelamatan Anggota Wild Boars Thailand Berakhir Bahagia

Mari berbagi

JoSS, CHIANG RAI – THAILAND – Drama penyelamatan tim sepakbola anak Thailand yang  berakhir bahagia memancing reaksi dari berbagai bagian dunia.

Meski sebagian besar kehilangan berat badan rata-rata 2 kilogram, tapi para anggota klub sepak bola Moo Pa yang terjebak di Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand berada dalam kondisi sehat.

Thongchai Lertwilairattanapong, inspektur dari Departemen Kesehatan Thailand, mengatakan 13 orang yang telah diselamatkan dari gua tersebut dalam kondisi relatif sehat.

Ke-13 anggota klub sepak bola itu, terdiri dari 12 remaja berusia 11-16 tahun dan 1 pelatih berusia 25 tahun, berhasil dievakuasi lewat operasi penyelamatan yang berlangsung selama 3 hari.

“Dari pemantauan kami, mereka dalam kondisi yang baik dan tidak stres. Sebagian besar dari mereka kehilangan berat badan rata-rata 2 kilogram (kg),” paparnya, seperti dilansir Reuters, Rabu (11/7)

Tim evakuasi Thailand menyatakan rasa lega mereka serta berterima kasih dan menyatakan kegembiraannya, setelah sukses menyelamatkan tim sepakbola yang terjebak di dlam gua setelah menjalani latihan.

Kelompok terakhir dari 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola “Wild Boars” Thailand tersebut berhasil diselamatkan dari kompleks gua terendam banjir. Penyelamatan dramatis itu mengakhiri 17 hari upaya penyelamatan yang mencekam Thailand, juga dunia.

Anak-anak tersebut dan pelatihnya terjebak selama sembilan hari di dalam gua sebelum berhasil ditemukan oleh tim penyelamat. Proses penyelamatan, termasuk perencanaan dan proses evakuasi, berlangsung selama lebih dari sepekan.

Kepala misi penyelamatan Narongsak Osottanakorn mengucapkan terima kasih kepada orang-orang di Thailand dan di seluruh dunia. Hal itu disampaikannya pada konferensi pers pada hari Selasa.

“Misi ini berhasil karena kami punya kekuatan. Kekuatan cinta. Semua orang mengirimnya [untuk] seluruh 13 [anggota tim sepakbola itu],” kata Narongsak kepada wartawan.

Drama penyelamatan di Thailand itu bahkan bergema hingga ke Rusia, saat Piala Dunia mamasuki putaran akhir. Anggota timnas sepakbola Prancis dan Inggris menyambut berita penyelamatan itu dan mengirimkan harapan terbaik bagi anggota tim sepakbola Wild Boars melalui Twitter.

Presiden FIFA Gianni Infantino bahkan mengundang mereka untuk hadir dalam final Piala Dunia 2018 di Rusia jika berhasil keluar sebelum final digelar dan kondisi kesehatan memungkinkan.

Klub sepak bola Benfica dari Portugal juga mengundang mereka untuk berlatih di Lisbon, kandang mereka. Undangan disampaikan Presiden Benfica Luis Filipe Vieira lewat surat ke duta besar Thailand untuk Portugal.

“Kami percaya ini adalah gesture sederhana yang bisa membantu mereka kembali bahagia dan tersenyum seperti anak-anak lainnya,” ujarnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id