Press "Enter" to skip to content

Bayar 1 Juta Ringgit Najib Razak Dibebaskan

Mari berbagi

JoSS, KUALA LUMPUR – Mantan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak dibebaskan setelah mendapat jaminan dari dua anaknya, yang membayar sebagian dari jaminan 1 juta ringgit, yang ditetapkan Mahkamah Tinggi Kualalumpur, Rabu.

Jaminan tersebut dibayarkan oleh Mohd Norashman Najib dan Nooryana Najwa Najib di bank dalam gugus mahkamah Kualalumpur itu.

Mahkamah Tinggi Kuala Lumpur memastikan jaminan 1 juta ringgit dikenakan kepada Najib Razak dengan dua penjamin serta mereka perlu menyerahkan paspor diplomatik dan paspor umum.

Jaminan tersebut dibayar secara angsuran pada Rabu dan Senin depan. Najib Razak menyatakan tidak bersalah atas tiga tuduhan penyalahgunaan uang dan korupsi uang berjumlah 42 juta ringgit terkait perusahaan SRC International Sdn Bhd.

“Jika ini harga yang saya terpaksa bayar karena 42 tahun mengabdi untuk rakyat dan negara, saya akan rela,” kata Najib Razak kepada media.

Najib mengatakan dakwaan itu, yang dihadapinya pada Rabu, adalah kehendak pemerintah baru.

Seperti diketahui, Mantan Perdana Menteri Malaysia itu Najib Tun Razak ditangkap Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) terkait kasus dugaan skandal korupsi di lembaga keuangan dan investasi negara, 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Saat hendak menghadapi sidang vonis, Najib meninggalkan pesan permohonan maaf kepada rakyat Malaysia tak lama setelah berita penangkapan muncul.

Pesan dalam bentuk audio dan gambar itu diunggah di akun Twitter Najib @NajibRazak. Pesan itu juga berisi bantahan bahwa tak semua yang dituduhkan terhadapnya benar.

Baca juga : Orang Jawa Jadi Petinggi Partai Di Malaysia

Dalam akun tweeternya, Najib mengatakan rakyat Malaysia berhak mendapat pimpinan yang terbaik, dan mau memaafkan kesalahannya.

Dia mengaku sudah menjalankan pemerintahan dengan sebaik-baiknya dan jika terdapat kekurangan adalah semata karena ketidaksempurnaan manusia.

“Ya, memang saya tidak sempurna seperti manusia biasa, namun percayalah apa yang dituduh ke atas saya tidak semuanya benar. Memang rumah kami digeledah selama berhari-hari. Memang saya disiasat dan ada barang yang dirampas. Namun semua itu tidak benar, saya difitnah,” tulisnya.

Sebelumnya, Sumber di MACC mengatakan Najib diperkirakan akan menghadapi empat tuduhan melakukan pelanggaran kriminal dan tuduhan pencucian uang yang melibatkan total RM42 juta dan diyakini terkait dengan kasus SRC International Sdn Bhd.

SRC International adalah anak perusahaan 1MDB saat Najib berkuasa. Lewat perusahaan itulah, dana misterius sebesar USD700 mengalir ke rekening pribadi Najib. Dia membantah melakukan korupsi dan mengklaim dana sebesar itu berasal dari sumbangan Kerajaan Arab Saudi. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id