Press "Enter" to skip to content

Bank Jateng Gelar Rekam Data Otentik Nasabah Pensiunan

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Bank Jateng menggelar program perekaman data otentik berbasis biometric (enrollment) bagi nasabah pensiunan dalam rangka pengembangan dan implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran dana pensiun Taspen.

Dalam pelaksanaanya, Bank Jateng selaku pelaksana pembayaran, PT Taspen (Persero) bekerja sama dengan PT Telkom dan Mitra bayar dalam melakukan perekaman data. Kegiatan di Bank Jateng Kantor Cabang Utama Semarang Jalan Pemuda Semarang ikuti sekitar 150 pensiunan yang mengambil pensiun di Bank Jateng

Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro mengatakan adapun pemanfaatan teknologi melalui digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun meliputi pengembangan sistem New e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan otentifikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik.

“Nantinya kita akan memakai data otentifikasi seperti sidik jari (fingerprint), perekaman wajah (face recognition), dan perekaman suara (voice recognition). Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai bentuk pembuktian penerima pensiun masih hidup yang dapat diakses melalui aplikasi mobile,” katanya.

Dia menargetkan 2019 perekaman data sudah selesai dan para penerima dana pensiun sudah dapat menggunakan Taspen Smartcard dalam pencairan dana pensiun. Selain Jateng, sebelumnya perekaman data sudah dilakukan di DKI Jakarta dan Jabar.

“Taspen Smartcard ini bisa digunakan untuk belanja dan membayar pembelian tiket kereta api dan pesawat dengan potongan harga khusus. Bank Jateng dalam hal ini termasuk bank dengan pembayaran pensiunan tinggi sehingga menjadi konsentrasi kami untuk datang,” ujar Iqbal.

Pelaksanaan perekaman data tersebut juga dihadiri Kepala Cabang Utama PT Taspen Semarang Tambos Hutabarat, Direktur Bisnis Korporasi dan Komersial Bank Jateng Pujiono, Direktur Operasional dan Digital Banking Bank Jateng Rahadi Widayanto, serta Direktur Keuangan Bank Jateng Dwi Agus Pramudya.

Baca juga : Bank Jateng Biayai Infrastruktur Konawe Selatan Rp 200 M

Secara umum, lanjut dia, pelayanan Bank Jateng baik, dan diharapkan layanan tidak hanya satu sampai dua hari. Pelayanan untuk pelaksanaan enrollment pensiunan Bank Jateng bisa tetap bagus hingga mencapai 90%.

Direktur Bisnis Korporasi dan Komersial Bank Jateng Pujiono mengatakan Bank Jateng sebagai pelaksana penyaluran pensiunan PT Taspen (Persero) akan terus meningkatkan pelayanan kepada para peserta Taspen.

”Hari pertama pelaksanaan dilakukan di Kantor Bank Jateng Cabang Utama Jalan Pemuda No 142 Semarang, kemudian nanti akan bergerak ke seluruh kantor Bank Jateng di Jateng, antara lain Pati dan Magelang,” ungkap dia.

Proses perekaman data, menurut dia, hanya berlangsung 2,5 menit dan maksimal 5 menit. Hingga saat ini proses perekaman data sudah 65% dari total pensiunan.

Dia menambahkan Pelaksanaan enrollment pensiunan dilakukan secara oleh seluruh bank mulai 2 hingga 20 Juli 2018 di wilayah PT Taspen Cabang Utama Semarang. ”Total penyaluran pembayaran pensiun Taspen melalui Kantor Bank Jateng se-Jateng sampai Juni 2018 adalah Rp 234.390.305.500 dengan jumlah peserta 80.355,” ujar dia.

Iqbal Latanro menyatakan lewat program itu, pelayanan kepada pensiunan makin dipermudah. Para penerima pensiun tidak lagi perlu antre di kantor bayar untuk melakukan pelaporan diri secara periodik atau menerima uang pensiun.

Mereka bisa melakukan otentikasi mandiri, dan selanjutnya mengambil uang melalui anjungan tunai mandiri (ATM). ”Jadi, nanti tidak perlu melapor secara periodik tiap tahun ke bank, tetapi cukup dari rumah bisa lewat ponsel mengirim foto finger print dan suara yang menandakan bapak dan ibu masih hidup. Itu manfaatnya,” tegas dia. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id