Press "Enter" to skip to content

Tips Menggunakan ATM Efektif di Libur Panjang Lebaran 2018

Mari berbagi

JoSS – PENGGUNAAN ATM (Anjungan Tunai Mandiri) pada libur panjang Lebaran tahun 2018 harus dilakukan secara cermat dan bijaksana. Pasalnya, ada rentang mulai hari Senin, 11 Juni 2018 sampai Rabu 20 Juni 2018 perbankan mengikuti aturan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Melihat panjangnya masa cuti tersebut, bank pun tidak bisa memberikan layanan penuh kepada nasabahnya.

Kita yang biasanya mengandalkan kartu ATM untuk memenuhi kebutuhan keuangan kita, baik untuk pengambilan cash maupun untuk transaksi sebagai debit, perlu menggunakan kartu ATM secara efektif agar tak kedodoran. Kita tak bisa seenaknya masuk ATM beberapa kali setiap membutuhkan, mengingat pada liburan panjang pengguna ATM bukan hanya warga sekitar tapi jjuga para pemudik yang datang ke kota kita, maupun mereka yang tengah dalam perjalanan, sehingga antreannya pasti panjang.

Selain itu, dari pengalaman saat peak session, pemakaian kartu debit maupun kartu kredit dan e-money biasanya rentan ganguan koneksi. Penggunaan yang melebihi dari trafik transaksi membuat jaringan overload sehingga koneksi ke EDC (electronic data capture) sering gagal. Dalam kondisi seperti ini, penggunaan uang tunai lebih disarankan. Terlebih pada kondisi padat, banyak merchant yang lebih memilih pembayaran tunai.

Persediaan uang tunai untuk lebaran sangat diperlukan. Bank Indonesia pun sudah menyiapkan dana fresh dan uang baru senilai Rp188,2 triliun untuk kebutuhan lebaran. Dana itu disalurkan melalui kantor perwakilan, kantor operasional bank, juga ATM yang ada serta tempat-tempat pelayanan penukaran uang.

Memang perbankan menyatakan membuka layanan terbatas selama cuti bersama tahun ini. Untuk wilayah Jateng-DIY, berikut kantor yang membuka layanan terbatas:

Bank BNI menyiapkan 4 kantor cabang ntuk layanan terbatas pada 11 – 18 Juni 2018, yaitu BNI Pandanaran Semarang, BNI Cabang Pekalongan, BNI Cabang Pati dan BNICabang Cepu dengan jam buka mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Untut tanggal 19 – 20 Juni 2018, selain cabang di atas ada penambahan layanan terbatas di Cabang Semarang, Cabang Undip, Cabang Karangayu, Cabang Kendal, Cabang Tegal, Cabang Salatiga dan Cabang Kudus. Waktu operasionalnya pun ditambah menjadi pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Bank Mandiri (lihat link)

BCA membuka sebelas cabang untuk layanan khusus di Jateng-DIY, yaitu KCU Semarang, KCU Salatiga, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Kudus, KCU Yogyakarta, KCU Purwokerto, KCU Tegal, KCU Purwodadi, KCU Cilacap, KCU Magelang dan KCU Pekalongan

Yang perlu diingat pula, jika menggunakan ATM di alat yang disediakan bukan penerbit kartu, kita akan dikenakan biaya. Jika kita berkali-kali menggunakannya di alat milik bukan penerbit kartu untuk tarik tunai, meski hanya Rp 6.500 per transksi, jika diakumulasikan akan jadi besar.

Mempertimbangkan kondisi seperti disebutkan di atas, ada baiknya kita membuat perencanaan yang matang untuk kebutuhan yang diperlukan, agar bisa menggunakan ATM secara efektif di liburan panjang Lebaran 2018 ini.

  1. Siapkan kebutuhan dana tunai untuk keperluan saat liburan panjang setidaknya untuk kebutuhan dari tanggal 11 Juni sampai 20 Juni 2018
  2. Selesaikan semua kewajiban sebelum memasuki liburan panjang, utamanya pembayaran rekening istrik, tagihan air, cadangan gas, kredit dan jangan lupa jika Anda memakai kartu seluler prabayar, belilah pulsa dalam jumlah yang mencukupi
  3. Isilah (top up) e-money Anda semaksimal yang diperbolehkan (Rp 2 juta)
  4. Siapkan uang tunai dalam komposisi pecahan yang sesuai dengan kebutuhan (pecahan uang kertas tersedia mulai Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu)
  5. Jika melakukan transaksi menerima pembayaran nontunai, pakailah kartu debit, kartu kredit atau e-money
  6. Kalau pada perjalanan hari ketersediaan uang tunai sudah tidak mencukupi, jika Anda dalam perjalanan ambilah uang yang diperlukan di ATM terdekat. Begitu juga jika Anda tetap berada di kota temat Anda tinggal, pilihlah ATM penerbit kartu, jika terlalu padat carilah ATM lain yang relevan seperti ATM Bersama, Jaringan Visa dan lainnya. BIasanya perbankan ang kurang popular ATM-nya tidak terlalu ramai.

Untuk mencari ATM terdekat, klik link berikut:

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id