Press "Enter" to skip to content

Rapi Operasikan 82 Posko Bankom di Jawa Bali

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) mengoperasikan 82 Posko Bantuan Komunikasi (bankom) di Jawa dan Bali untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun 2018. Setiap Posko Bankom yang siaga 24 jam, didukung antara 10 sampai 15 personel.

Ketua Umum Pengurus Nasional Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), H Agus Sulistiyono, mengatakan bantuan komunikasi dilakukan sebagai wujud partispasi RAPI terhadap masyarakat. “Kami mengoperasikan 82 Posko Bankom di sejumlah titik sepanjang jalur pantura Jawa – Bali dan jalur selatan Jawa – Bali. Semua partisipasi murni dari RAPI,”kata Agus Sulistiyono kepada JoSS, Minggu (10/6).

Agus menuturkan, organisasi yang dipimpinnya siaga 24 jam untuk memberikan bantuan komunikasi untuk seluruh komponen masyarakat yang membutuhkan. Peralatan komunikasi tersedia lengkap, dengan standard an jarak jangkau yang memadai sesuai ketentuan yang berlaku.

“Fungsi RAPI untuk turut menciptakan kondisi yang aman, damai dan bisa memberikan informasi yang akurat dan solutif. Ini perlu supaya tidak ada kesimpang-siuran informasi. Info dari Posko kami dijamin jelas sumber dan kebenarannya,” papar dia.

Bantuan komunikasi yang dilakukan, selain untuk masyarakat yang membutuhkan, juga diperuntukkan bagi aparat pemerintah, kepolisian dan lembaga yang terkait dengan tugas pengamanan dan pelayanan angkutan mudik 2018.

Para relawan RAPI selain bertugas untuk Bankom, juga wajib membantu kelancaran penanganan kecelakaan, kedaruratan, di semua titik jalur mudik dan balik lebaran. Bahkan jika ada yang memang krusial atau penting (urgen) juga membantu memberi infromasi kepada Kepolisian, untuk penanganan laka lantas, dan tindak kejahatan serta situasi keamanan di masyarakat.

Dari laporan yang dipantau JoSS, diperoleh gambaran bahwa mulai Minggu seluruh Posko RAPI Lebaran Tahun 2018, sudah dalam kondisi siap dioperasikan. “Mereka secara swadaya membangun posko-posko Bantuan Komunikasi selama H-6 hingga H + 6 Lebaran. Kami berharap semua komponen masyarakat tidak ragu-ragu untuk meminta bantuan seluruh relawan RAPI yang bertugas selama arus balik dan arus mudik berlangsung.”

Untuk memaksimalkan upaya komunikasi, RAPI juga mengajak JoSS.co.id untuk turut serta masuk ke jaringan bantuan komunikasi bagi masyarakat, karena tanpa jejaring yang memadai, informasi penting hanya diketahui saja. “Selayaknya informasi bukan hanya diketahui dan disampaikan, tapi bisa berdaya guna untuk masyarakat. Karena itu, saya mengajak Joss bisa turut serta,” harap Agus.

Kerja sama RAPI dengan JoSS diharapkan juga bisa berlanjut di masa mendatang. “Kami membuka diri untuk bekerja sama. Lebih banyak jejaring, lebih kuat dan berdaya guna pemanfaatan informasinya,”tukasnya. (gondo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id