Press "Enter" to skip to content

Obyek Wisata di Jogja Kebanjiran Pengunjung

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Obyek wisata yang ada di Jogja dan sekitarnya kebanjiran pengunjung sehinga lalulintas di jalur tempat obyek wisata berada mengalami kemacetan. Sampai H+2 Lebaran, wisatawan terus memadati tempat wisata seperti Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Pantai Slili, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Taman Tebing Breksi dan Kebun Binatang Gembira Loka.

Pantauan yang dilakukan JoSS, Minggu, sejumlah titik di ruas Jogja –Wonosari terlihat macet. Begitu pula di ruas Jogja-Parangtritis, jalanan sangat padat kendaraan. Kepadatan lebih hebat ada di ruas Jogja Solo, terutama di seputar Candi Prambanan.

Laporan yang diterima dari Petugas Pos Pelayanan Prambanan, Iptu Sutarta, menyebutkan puncak kepadatan lalu lintas pada lebaran tahun ini di wilayah Prambanan memang diperkirakan terjadi pada H+2 atau di Minggu (17/6/2018). Menurut Iptu Sutarta, jika dibanding dengan hari pertama lebaran maupun H+1 lebaran, pada H+2 lebaran ini mengalami peningkatan tingkat kepadatan lalu lintas.

Kepadatan lalulintas di jalan Solo tersebut, kata Sutarta, masih terkendali meski panjang alur padat merayap sampai 4 kilometer. “Berdasarkan pantauan, panjang kepadatan lalu lintas mencapai empat kilometer. Sedangkan titik kepadatan di Jalan Solo-Jogja ada di lampu merah sekitar Pasar Prambanan,” tutur Sutarta, Minggu (17/6).

Bukan hanya di seputar Candi Prambanan, jalur ke selatan kearah Tebing Breksi juga padat. Ketua Pengelola objek wisata Taman Tebing Breksi, Kholiq Widianto, mengatakan di Jalan Candi Ijo menuju Taman Tebing Breksi kepadatan lalu lintas terjadi mulai dari H+1 lebaran.

Baca jugaDesa Wisata Nglinggo, Sajikan Nuansa Yang Berbeda Dari Jogja

Mengingat jalur jalan menuju Taman Tebing Breksi cukup menanjak, untuk mengantisipasi kendaraan yang tidak bisa naik, disiagakan petugas untuk membantu mengganjal. Obyek wisata yang letaknya sebelah selatan Candi Prambanan itu, dalam sehari saat lebaran dikunjungi enam ribu orang lebih. “Biasanya dalam satu hari kalau libur lebaran itu bisa mencapai 6.000 kunjungan,” ungkap Kholiq.

Kepadatan juga tak terelakkan di seputar Gembira Loka. Dari catatan pengelola, pada hari Minggu (17/6) sampai pukul 11.00 WIB saja, jumlah pengunjung sudah mencapai 6.836 orang. Kepala Bidang Humas Gembira Loka Zoo, Eros Yan Renanda, mengatakan peningkatan kunjungan sudah mulai terjadi pada H+1. Menurutnya, pada Sabtu (16/6), jumlah pengunjung mencapai 8.846.

Menghadapi libur panjang Lebaran, Eros mengatakan Gembira Loka Zoo menghadirkan beberapa hal baru, seperti zona cakar, Presentasi dan Edukasi Satwa (PES) burung dengan panggung terapung, pengembangan area petting zoo dan jasa layanan parkir antara GO-ZOO. “Kami juga membenahi kandang, memperbaiki fasilitas pengunjung dan peremajaan wahana permainan demi terciptanya rekreasi yang tak terlupakan,” jelasnya.

Sementara dari Gunung Kidul dilaporkan, sejak Sabtu (16/6) sampai Minggu (17/6) puluhan ribu wisatawan  masuk ke sana. Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul, Harry Sukmono, mengatakah pada Sabtu (16/6) jumlahnya mencapai 39.011 wisatawan yang tersebar di objek wisata beretribusi, khususnya wisata pantai.

Pada Minggu (17/6) catatan sampai pukul 12.30 WIB, jumlah wisatawan yang masuk ke obwis beretribusi sudah mencapai sekitar 20.000 pengunjung. Sampai sore diperkirakan bisa mencapai 40 ribuan. (ant/hrj/wid)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id