Press "Enter" to skip to content

Kunjungan Wisatawan di Seluruh Obyek Wisata di Kulonprogo Membludak

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Kunjungan wisatawan di seluruh destinasi wisata Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta membludak. Kenaikan jumlah pengunjung selama hari Lebaran hingga saat ini hingga 10 kali lipat.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Rochendy Gunung, kepada JoSS.co.id. mengatakan jumlah wisatawan naik dari 300% hingga 1.000 % dibandingkan dengan hari biasa. Kondisi tersebut terjadi di seluruh titik di Kabupaten Kulonprogo.

“Kunjungan wisata di semua titik seluruhnya hampir mengalami lonjakan drastis selama lebaran. Angka persisinya masih dalam tahap rekapitulasi, tetapi ada yang naik sampai seribu persen dari kunjungan normal,” katanya.

Trend kunjungan antara wisata di pengunungan dan pantai memang masih tinggi kawasan pantai, namun wisata di kawasan pegunungan juga melonjak tajam. Terutama di lokasi wisata yang memang sudah populer karena terus digenjot dengan promosi melalui media on line, dan dibantu teman-teman wartawan dari berbagai media.

“Kita sangat berterimaksih kepada teman-teman wartawan, yang sudah membantu melakukan peliputan dengan sangat rapi dan menarik, sehingga memberi dampak sangat positif, seperti lebaran tahun begitu terasa efek dari promosi melalui pemberitaan tersebut,” kata Gunung.

Sementara informasi yang dikumpulkan JoSS.co.id dari sejuml;ah pengelola wisata di berbagai titik secara acak, memang terjadi lonjakan yang luar biasa kunjungan wisatawan selama lebaran dari hari pertama hingga hari keempat.

Baca juga : Desa Wisata Nglinggo, Sajikan Nuansa Yang Berbeda Dari Jogja

Di kawasan wisata paling heboh, karena memiliki destinasi wisata paling banyak dan paling variatif, yakni di lereng menoreh Kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulonprogo, diperoleh informasi kunjungan selama lebaran hari pertama sampai hari keempat melonjak tajam hingga 300 persen dari hari libur lainnya.

“Angka pastinya, masih tahap rekapitulasi. Tetapi dari jumlah angka kunjungan kasar bisa kita lihat kunjungan wisata di Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo, meningkat sampai 300 persen. Ini merupakan kunjungan wisatawan terbesar selama ini, “ ujar Purwinto Nugroho, Kepala Desa Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, yang mengelola sejumlah destinasi wisata populer di Tanah Air.

Di antaranya wisata pemacu andrenalin Ayunan langit Watu Jaran, yang memang sangat populer di jadag pariwisata tanah air.

Sementara, kunjungan wisata di Pantai Glagah Indah, Desa Glagah, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, di peroleh angka kunjungan selama tiga hari lebaran, mencapai angka 7000 wisatawan.  “ Kunjungan kemungkinan akan terus meningkat terkait libur panjang lebaran tahun ini,” kata Agus Purnomo Kepala Desa Glagah, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, ketika dihubungi melalui sambungan telpon.

Sedang angka tersebut cocok dengan laporan rekapitulasi kunjungan wisata yang masuk Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo. Yakni Pantai Glagah Indah, tingkat kunjungan secara kasar mencapai 7000 wisatawan.

Sedang dari kawasan pantai lainnya, yakni Pantai Trisik, Taman Laguna Trisik, dan Pantai Bugel, kenaikan pengunjung mencapai lebih dari 500 persen. Dari kunjungan seratus dua ratus orang per hari, menjadi 500 hingga 1000 orang per hari selama lebaran.

JoSS.co.id, hingga saat ini masih menunggu hasilk rekapitulasi kunjungan wisata diantara Desa Wisata Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, sebagai desa paling banyak memiliki destinasi wisata dan terkenal dengan desa seribu kedung tersebut.

Data lain yang masih dalam penghitungan yakni dari pengelola kawasan wisata hutan kemasyarakatan Kalibiru, Kokap, Kabupaten Kulonprogo, yang selama ini dikenal sebagai kawasan wisata hutan paling terkenal di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

“Angkanya belum konkrit, mungkin dua hari lagi baru bisa diketahui secara pasti angka kunjungannya. Namun secara kasar bisa kita laporkan bahwa kunjungan wisata ke Kalibiru, meledak hingga 1000 persen. Yakni dari tingkat kunjungan ratusan  orang per hari menjadi ribuan orang per hari selama lebaran,” kata Sudadi Manager Kawasan Wisata Hutan kemasyarakatan Kalibiru, yang berdekatan dengan obyek wisata Waduk Sermo dan Pule Payung. (gdo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id