Press "Enter" to skip to content

Dinilai Masih Stabil, Pemerintah Terus Pantau Pergerakan Harga Kebutuhan Pokok

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Pemerintah terus memantau pergerakan harga pokok kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran 2018. Kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional terhadap kebutuhan pokok dinilai masih stabil.

Harga-harga barang kebutuhan pokok di Kota Solo merayap naik menjelang Lebaran. Pemerintah menaruh perhatian khusus terhadap kenaikan harga daging ayam segar yang mencapai Rp 45.000/kg.

“Pemerintah bersama Satgas Pangan akan berkoordinasi untuk masalah daging ayam ini. Nanti akan kami kumpulkan juga semua elemen, mulai dari peternak, pengepul hingga pedagang akan kami ajak berembug,” tutur Eva Yuliana, Staf Khusus Menteri Perdagangan bidang Hubungan Antarlembaga, Minggu (10/6).

Eva bersama timnya baru saja memantau pergerakan harga menjelang hari raya. Dalam kunjungannya di Pasar Legi Solo, sejumlah harga kebutuhan pokok memang bergerak naik meski tidak terlalu tinggi.

“Alhamdulillah dari pantauan kita hari ini, harga-harga cukup stabil. Bahkan harga telur malah turun,” kata Eva yang berkeliling pasar bersama Kepala Dinas Perdagangan Subagio dan tim dari Satgas Pangan.

Sementara itu, dari hasil pantauan, harga sejumlah komoditas mulai merangkak naik. Cabai merah keriting naik dari Rp 22 Ribu menjadi Rp 25 Ribu per kilogram. Cabai merah besar naik dari Rp 20 Ribu menjadi Rp 25 Ribu per kilogram. Cabai rawit merah naik dari Rp 30 Ribu menjadi Rp 35 Ribu per kilogram. Cabai rawit putih naik dari Rp 18 Ribu menjadi 20 Ribu per kilogram.

Adapun untuk harga bawang putih impor dari RRC naik dari Rp 18 Ribu menjadi Rp 21 Rib per kilogram. Bawang Merah Probolinggo kualitas biasa stabil di harga Rp 24 Ribu per kilogram. Bawang Merah Probolinggo kualitas super stabil di harga Rp 28 Ribu per kilogram. Bawang Merah Bima stabil di harga Rp 26 Ribu per kilogram.

Minyak goreng stabil dengan rincian curah Rp 10.500 per liter, kemasan Rp 11 Ribu per liter, super Rp 22 Ribu per liter. Telur turun dari Rp 23 Ribu menjadi Rp 19 Ribu per kilogram.  Daging Sapi segar stabil di harga Rp 100 Ribu per kilogram.

Mengomentari pergerakan harga tersebut, Eva mengatakan kenaikan harga-harga barang di Pasar Induk masih dalam taraf wajar. Politisi Partai Nasdem  itu menjamin pasokan barang masih aman hingga hari raya.

“Tadi kita juga lihat harga beras juga masih stabil di Rp 9 Ribu per kilo untuk kualitas medium dan Rp 10.500 untuk kualitas super,” kata dia. (rik/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id