Press "Enter" to skip to content

Bandara Semarang Tutup Sementara Akibat Abu Merapi

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Bandar Udara (Bandara) Internasional A Yani Semarang terpaksa menutup operasionalnya sementara akibat erupsi Gunung Merapi yang abunya sampai mengganggu wilayah penerbangan di sekitar Semarang. Penutupan terjadi mulai pukul 15.30 WIB.

Manager Operasional Bandara Ahmad Yani Semarang, Agus Sina, menyatakan aktivitas penerbangan terpaksa dihentikan pada Jumat (1/6) petang sampai malam untuk menghindari risiko yang membahayakan keselamatan penerbangan. “Melihat kondisi lapangan diputuskan untuk tutup sejak pukul 13.30 WIB,” kata Agus Sina.

Langkah penutupan tersebut dilakukan setelah ada tanda-tanda abu vulkanik Nampak di sekitar Bandara. Selanjutnya dilakukan pengetesan dan dikoordinasikan dengan Airnav, Otoritas bandara, serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Setelah dilakukan koordinasi dan melakukan uji serta pengecekan, otoritas bandara memutuskan diterbitkannya notice to airmen atau Notam selama tiga jamn, “Melihat kondisi lapangan kami putuskan diterbitkan notice to airmen yang berisikan penutupan bandara selama tiga jam kedepan,” jelasnya.

Menurut dia, pengelola Bandara tidak mau mengambil risiko setelah letusan Merapi yang terjadi pagi hari sekitar pukul 8 pagi, pada siang harinya ternyata abunya menyebar sampai Semarang. Karena itu, kata dia, Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup mulai pukul 15.30 dan sampai pukul 19.30 WIB masih berlangsung.

Petugas masih harus membersihkan debu yang menutupi runway Penutupan sementara Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang diperpanjang sampai pukul 19.30 WIB. Dia mengungkapkan pembersihan landasan pacu cukup memakan waktu karena harusbenar-benar clear untuk dilalui. “Memang ada extend close,” papar dia.

Extend close sampai 19.30 WIB. Masih pembersihan runway. Akibat penutupan itu, lanjut dia, setidaknya ada 15 penerbangan dari dan menuju Semarang yang terganggu. Dari 15 penerbangan berbagai tujuan itu, ada empat yang dipastikan tertahan di Bandara Semarang.

Ada empat pesawat yang tertahan di landasan karena penutupan. Keempat pesawat itu masing-masing Lion Air LNI 542 rute Semarang-Banjarmasin, SilkAir SLK 103 rute Semarang-Singapura, Garuda Indonesia GA 241 rute Semarang-Jakarta, WingsAir WON 1800 rute Semarang-Surabaya. (ant/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id