Press "Enter" to skip to content

Bandara Semarang Diresmikan Presiden Jokowi Hari Ini

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Terminal baru Bandara Achmad Yani Semarang yang mulai beroperasi Rabu (6/6), dijadwalkan akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (7/6). Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Bandara terapung pertama di Indonesia pada sore hari selepas kunjungan kerja ke Jawa Barat.

Pada pengoperasian pertama, beberapa pengguna jasa menyatakan masih belum lengkapnya petunjuk hingga membingungkan. Penumpang yang ikut pendaratan pertama dengan pesawat Citilink dari Jakarta, Tedhi Irawan, menyatakan seharusnya petugas lebih sigap memandu para penumpang agar tak kebingungan. “Untung saya gak bawa bagasi. Kalau bawa mungkin bisa lama,” kata Tedhi, meski dia memaklumi bai petugas maupun penumpang sama-sama gagap. Dia juga mengaku kesulitan menemukan mobil penjemputannya.

Sementara penumpang yang berangkat dari Semarang menuju Halim Jakarta dengan Citilink, Nila Ardhianie, mengeluhkan lamanya pemeriksaan di pintu masuk karena x-ray selalu berbunyi setiap ada orang yang masuk. Akibatnya semua orang harus diperiksa secara manual. “Antrean panjang, itu tidak terjadi saat di terminal lama,” kata Nila kepada JoSS, Rabu (6/6).

Calon gubernur Jateng, Sudirman Said yang kebetulan ikut penerbangan yang melakukan pendaratan pertama, yakni Citilink QG 140 dari Jakarta, mendapat apresiasi berupa pengalungan bunga. Dia yang datang sendirian langsung mengurus bagasinya. “Ya bersyukur punya terminal baru, ini sudah layak. Ini penerbangan pertama, ya? Kebetulan sekali,” kata Sudirman kepada wartawan.

Ujicoba sehari dianggap mencukup, pengelola Bandara Semarang menjadwalkan peresmian terminal baru Bandara Semarang oleh Presiden Jokowi hari Kamis (7/6) ini. Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I, Devy Suradji, mengatakan Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Terminal Terapung Bandara Achmad Yani Semarang, sekitar sore hari.

Presiden Joko Widodo, kata Devy, diperkirakan akan tiba di bandara Ahmad Yani Semarang yang baru sekitar pukul setengah tiga sore dan langsung memimpin prosesi peresmian. Bandara tersebut berada tak jauh dari lokasi bangunan yang lama. Setelah secara simbolis meresmika, Presiden akan berkeliling melihat-lihat bangunan yang baru saja rampung proses pengerjaaanya itu. Khususnya kesiapan dalam menghadapi Lebaran nanti.

Jokowi akan menjadi penumpang untuk menjajal sensasi langsung bandara Ahmad Yani mulai dari pintu masuk kedatangan, memasang tiket, pemeriksaan keamanan, berada di ruang tunggu hingga menuju pesawat. “Mungkin pak Jokowi juga akan berbincang-bincang dengan beberapa penumpang yang ada di bandara,” tambah Devy.

Pengembangan Bandara baru A Yani Semarang yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2015, per 6 Juni 2018 bisa dipakai, dan pada 7 Juni diresmikan penggunaannya. Proyek pengembangan tersebut membutuhkan biaya sebesar Rp 2,185 triliun.

Dengan dioperasikannya terminal baru, kapasitas penumpang Bandara Semarang naik dari 800 ribu penumpang per tahun menjadi 6,5 juta penumpang per tahun. Untuk kapasitas layanan kargonya pun melonjak dari dari 10 ribu ton per tahun menjadi 16 ribu ton per tahun.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang dihubungi terpisah membenarkan rencana peresmian Bandara di Ibukota Provinsi Jawa Tengah yang masuk dalam program Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam Peraturan Presiden No 58 Tahun 2017.  “Tanggal 7 Juni 2018 Bapak Presiden akan meresmikan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan tower airnav,” kata Budi Karya Sumadi.

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani memiliki luas area 58.652 meter persegi, atau hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal bandara lama yang hanya 6.708 meter persegi. Termina baru tersebut memiliki 30 unit counter check in untuk mempercepat pelayanan kepada penumpang maskapai, serta dilengkapi dengan tiga unit garbarata. (ant/imn)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id