Press "Enter" to skip to content

Tol Solo – Ngawi Siap Difungsikan 24 Jam

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Jalan tol Solo – Ngawi tepatnya dari Ngasem sampai Ngawi siap difungsikan 24 jam karena kondisinya sudah siap. Jalur yang terbagi dalam dua seksi yaitu Ngasem – Sragen dan Sragen Ngawi tersebut juga bisa difungsikan dari dua arah.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno, menyatakan untuk ruas  Ngasem-Sragen meski bisa operasional, namun belum ada keputusan soal tarif, sehingga tidak perlu tapping. Sedangkan ruas Sragen – Ngawi meski fisik jalan sudah siap, masih ada pekerjaan untuk penyelesaian 7 overpass sehingga statusnya fungsional.

“Untuk jalannya sudah siap. Ya, tinggal penyelesaian overpass saja. Pengoperasian Sragen-Ngawi masih menunggu penerbitan sertifikat uji fungsi dari pemerintah,”kata David Wijayatno, Jumat (25/5).

Ruas tol Solo – Ngawi sepanjang 90,25 km pembangunannya dimulai tahun 2009. Semula ditargetkan beroperasi tahun 2017, namun mndur dari jadwal karena pembebasan lahannya molor sehingga pembuatan konstruksi jembatan dan simpang susunnya ikut terhambat.

Proyek yang menelan investasi sebesar Rp 11,3 triliun ini merupakan ruas tol yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Proyek ini terbagi dalam 3 paket, yaitu ruas Kartasura-Karanganyar dari Sta 0+000 – 20+900 yang dibiayai APBN, serta paket 2 Karanganyar – Mantingan (sta 20+900 – 56+050) dan Mantingan – Ngawi (sta56+500 – 90+250) yang dibiayai badan usaha.

Baca juga : Tol Semarang-Kartasura Fungsional Dilalui Pemudik

Rencananya, jika sudah beroperasi penuh, Jalan Tol Solo-Ngawi akan dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Kartasura (Ngasem), GT Solo (Klodran), GT Karanganyar (Kebakkramat), GT Sragen (Pungkruk), dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, ada sejumlah Simpang Susun (SS) yang dibangun, yakni SS Klodran, SS karanganyar, SS Sragen, dan SS Ngawi. Sedangkan pada tahap kedua akan dibangun juga SS Purwodadi, SS Sragen Timur, dan SS Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Untuk Lebaran 2018 ini, selain jalan yang sudah siap difungsikan secara penuh dua arah 24 jam, pengelola juga sudah menyiapkan rest area di empat lokasi, yaitu di Stasioning (Sta) 26 A, Sta 45 B, Sta 60 A/B dan Sta 82 A/B. Sedangkan sebagai tambahan disediakan 2 lokasi rest area temporary KM 65 A dan KM 62 B.

Di Tol fungsional, pengelola menyediakan layanan BBM kemasan, toilet, mobil layanan kesehatan dan bengkel. Selain itu, juga disiapkan 8 unit mobil derek, 6 unit mobil PJR, 1 Rescue Unit,  3 ambulans dan 7 LJT. (sm/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id