Press "Enter" to skip to content

Tol Solo Kertosono Diuji Kelayakanya

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Jalur Tol Solo Kertosono (Soker) tengah diuji kelayaknnya oleh Tim Gabungan dari berbagai instansi, menjelang diresmikan secara resmi pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini.

Manager Teknik PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN), Aryo Gunanto, mengataka uji kelayakan meliputi pengecekan di setiap gerbang tol, jembatan, overpas serta jalur tol yang panjangnya sekitar 35 Km dari Solo-Karanganyar sampai ke Sragen.

Sepanjang ruas Tol Soker terdapat empat gerbang pembayaran, masing-masing di Gerbang Tol Colomadu Karanganyar, Gerbang Ngemplak Solo, Gerbang Kebakkramat Karanganyar serta Gerbang Pungkruk Sragen. “Semuanya dicek dengan teliti kelayakannya,”ujar Gunanto, Kamis (3/5).

Menurut dia, pengecekan gerbang pembayaran sangat penting mengingat sekarang tidak ada lagi pembayaran tunai, namun sudah non-unai atau cashless sehingga uji coba terhadap mesin pembayaan elektronik atau dengan kartu harus dilakukan. Harus dipastikan, kata dia, apakah alatnya sudah berfungsi atau belum. “Pembayaran tol sekarang semua memakai kartu, tidak dengan uang tunai lagi.”

Tim yang menguji kelayakan tersebut terdiri dari petugas Bina Marga pusat, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Petugas Perhubungan Darat Pusat, dan Korlantas Mabes Polri. “Kegiatan uji layak fungsi dilakukan selama dua hari yakni Kamis ini, hingga Jumat (4/5),” tuturnya.

Ruas Tol Soker yang dilaporkan sudah selesai pekerjaan fisiknya, dijadwalkan akan dioperasikan secara resmi pertengahan Mei 2018 sebelum Lebaran tahun ini. Untuk itu, perlu dilakukan uji kelayakan, sebab tanpa surat lolos uji kelayakan ruas tol tersebut tak boleh dioperasikan.

Dilaporkan, sepanjang ruas yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu terdapat satu rest area atau tempat peristirahatan, yakni di Kecamatan Masaran Sragen. Rest Area tersebut masuk dalam kategori tipe A dan saat ini tengah dalam penyelesaian. (ant/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id