Press "Enter" to skip to content

Terminal Baru Bandara A Yani Fungsional Awal Juni

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG  – Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan difungsikan pada 2 Juni mendatang menyusul selesainya proses verifikasi uji kelayakan oleh Kementerian Perhubungan guna mendukung pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang mengatakan tim verfikasi dari Kementerian Perhubungan telah melakukan uji kelayakan dan hasilnya hanya ada beberapa catatan mirror yang tidak fatal dan masih dalam batas kewajaran.

“Pada arus mudik Lebaran nanti sudah bisa difungsikan, hasil verifikasi tim dari Kementerian Perhubungan, ada beberapa catatan minor yang tidak fatal atau masih bisa ditoleransi,” katanya seperti dikutip dari Antara,Kamis (24/5).

Dia menuturkan pihaknya  optimistis terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani dapat dioperasikan secara fungsional pada bulan depan meskipun menjelang pengoperasiannya akan diverifikasi lagi dan simulasi.

Sekda Sri Puryono didampingi Kepala Biro Umum Setda Jateng, Edy Supriyanta, Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Jateng Peni Rahayu, pimpinan proyek Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang, Indah Preastuty, perwakilan Dishub Kota Semarang, serta perwakilan instansi terkait lainnya, berkeliling melihat secara langsung pengerjaan gedung dan fasilitas penunjang terminal bandara.

Lebih lanjut dia menjelaskan pembangunan terminal bandara ditarget selesai pada 30 Mei 2018. Bangunan ini akan mampu menampung kurang lebih 7 juta calon penumpang per tahun, termasuk semua fasilitas umum.

Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Toni Alam menjelaskan bahwa pengoperasian secara fungsional terminal baru menunggu hasil verifikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, terkait dengan perkembangan pengerjaan proyek.

“Verifikasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan di akhir Mei 2018 untuk menentukan pengoperasian bandara. Kalau dinilai layak beroperasi, pada tanggal 2 Juni 2018 seluruh penerbangan komersial sudah bisa dimulai di lokasi yang baru, sedangkan bandara yang lama sementara hanya untuk bongkar muat kargo,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya mempercepat penyelesaian proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang agar bisa dioperasikan secara fungsional sesuai dengan target.

Toni merinci terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang memiliki luas area 58.652 meter persegi atau hampir sembilan kali lebih besar daripada luasan terminal eksisting sebelum 6.708 meter persegi.

Luasan apron baru mencapai 72.522 meter persegi yang dapat menampung 13 pesawat narrow body atau konfigurasi 10 pesawat narrow body dan dua pesawat wide body kargo.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani terdiri atas lima paket, yakni Paket 1 pekerjaan lahan dan jalan akses sudah selesai seluruhnya.

Adapun untuk paket 2 pekerjaan apron dan taxiway juga sudah 100%, Paket 3 pekerjaan pembangunan terminal akan selesai November 2018, Paket 4 berupa bangunan penunjang dan lansekap, dan Paket 5 pekerjaan water management akan selesai pada tahun 2019. (ant/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    BERITA TERKINI

    Berita Terkini

    joss.co.id