Press "Enter" to skip to content

SNC Bakal Jadi Agenda Pariwisata Nasional

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kemeriahan dan kemegahan yang disajikan pemerintah kota dalam Semarang Night Carnival (SNC) tak hanya menyedot perhatian masyarakat, bahkan Kementerian Pariwisata bakal menjadikan event ini sebagai agenda pariwisata nasional.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Kementerian Pariwisata , Anang Sutomo, mengatakan event SNC Kota Semarang ini layak dimasukkan dalam kalender event tahunan Kemenpar.

Dia menuturkan pemerintah terus mendorong kemajuan pariwisata daerah untuk menjadi agenda nasional. Dia berjanji tahun depan, SNC sudah masuk dalam kalender event di Kemenpar.

“Tahun depan, SNC ini sudah masuk dalam kalender event Indonesia, menjadi agenda pariwisata nasional,” katanya saat menghadiri gelaran SNC 2018 dalam rangka puncak perayaan HUT ke-471 Kota Semarang di depan Balai Kota Semarang, Sabtu (5/5)

Menurut Anang, hal ini tentunya akan memberikan dampak yang luar biasa bagi pemerintah daerah, karena penyelengaraannya akan disuport oleh pemerintah pusat.

Di sisi lain, Pemkot Semarang diminta untuk terus meningkatkan pelayanan melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung status even ini menjadi agenda nasional, yaitu konektivitas, homestay dan desa wisata, serta digital destination.

“Semarang sudah membuktikannya. Sehingga insyaallah nantinya internasional tourism akan lebih banyak. Tapi jangan lupa pergerakan wisatawan domestik lah yang memberikan dampak yang luar biasa,” katanya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan meriahnya SNC menandakan kondisi Kota Semarang yang selalu guyup dan berkerjasama dalam memajukan Kota Lunpia.  Dia menilai, secara jumlah luasan wilayah, Kota Semarang paling luas di antara beberapa kota besar di Indonesia.

“Meski luas, DAK dan DAU Kota Semarang lebih sedikit dibandingkan dengan daerah lain, meski demikian memotivasi dan ajakan kepada stakeholder dilakukan agar bergerak bersama membuat Semarang menjadi lebih baik,” katanya.

Dalam SNC ini dihadiri seluruh jajaran Forkopinda Kota Semarang, para pejabat di lingkungan Pemkot Semarang dan DPRD Kota Semarang. Selain itu hadi juga Duta Besar beberapa negara sahabat yaitu Venezuela, Rusia, Kuba, Suriname, Libya, Irak, Iran, dan Polandia.

Hadir juga perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Kepala Daerah dari berbagai Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Gelaran SNC yang menggangkat tema Kemilau Semarang 2018 ini merupakan event kedelapan. Ada empat tema yang diangkat yaitu Asem Arang, Butterfly, Art Deko, dan Biru Laut. Tema tersebut direpresentasikan dalam bentuk kostum yang dipakai para peserta SNC. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id