Press "Enter" to skip to content

Separo Persimpangan Di Kota Jogja Dilengkapi ATCS

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Sudah separo lebih persimpangan jalan yang ada di wilayah Kota Yogyakarta dilengkapi dengan ATCS (Area Traffic Control System), yaitu pengendalian lalu lintas dengan menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota. Dari 58 simpang yang ada di Jogja sampai saat ini sudah ada 28 simpang yang dilengkapi dengan ATCS, dan kini tengah dipasang 2 ATCS baru di Jalan Ibu Ruswo dan Jalan Taman Sari.

Dengan makin banyaknya ATCS yang terpsang, diharapkan lalu lintas di Kota Jogja bisa melaju dengan makin lancar, efektif dan terarah karena jalur yang sudah padat akan mudah terpantau, sehingga lampu pengatur lalu lintas bisa disesuaikan dengan keadaan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto, Minggu (20/5) mengatakan pemasangan dua ATCS baru itu untuk mengantisipasi kepadatan di ruas tersebut. “Kami akan pasang di simpang Jalan Ibu Ruswo dan simpang Jalan Taman Sari karena di situ banyak dikunjungi wisatawan,” kata dia.

Made Yulianto mengungkapkan pemasangan memang diprioritaskan di kawasan yang padat, meski secara bertahap semua persimpangan jalan di Jogja nantinya akan dilengkapi dengan ATCS. “Ya, bertahap menuju ke sana, sekarang di titik yang padat dulu.”

Khusus di Jalan Brigjen Katamso yang menjadi salah satu kaki simpang di Jalan Ibu Ruswo, Golkari mengatakan, tidak dapat memprediksi panjang antrean kendaraan. Begitu pula dengan kawasan simpang di Jalan Taman Sari kerap mengalami kepadatan khususnya saat libur panjang sekolah, apalagi di kawasan tersebut dekat dengan Tempat Khusus Parkir Ngabean yang menjadi parkir utama bus pariwisata.

Oleh karena itu, lanjut Golkari, ATCS yang akan dipasang di dua simpang tersebut juga akan dilengkapi dengan kamera “closed circuit television” (CCTV) untuk memantau panjang antrean kendaraan di kaki simpang.

“Jika antrean sudah dirasa cukup panjang, maka kami akan melakukan pengaturan pada durasi lampu lalu lintas di tiap simpang agar kendaraan bisa berjalan lancar,” katanya.

Keberadaan ATCS di simpang memungkinkan petugas Dinas Perhubungan Kota Jogja dapat langsung melakukan pengaturan durasi lampu lalu lintas melalui ruang kontrol yang ada di Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, sehingga tidak perlu turun ke lapangan.

“Simpang belum akan dilengkapi fasilitas pengeras suara karena kami juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk membantu mengatur lalu lintas. Di dua lokasi tersebut juga tidak jauh dari pos polisi,” katanya. (ant/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id