Press "Enter" to skip to content

Rotarian Akan Serbu Kota Semarang

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ratusan Rotarian akan “menyerbu” Kota Semarang, Jumat, 11/5, dan Sabtu, 12/5. Mereka adalah para anggota Rotary District D3420 dari Indonesia Timur. Di Indonesia, Rotary memang terbagi dua, yang satunya Rotary District D3410 untuk Indonesia Barat.

Dua hari di Kota Lumpia, Rotary Indonesia Timur itu nanti  akan menggelar District Conference (Discon) Rotary untuk memilih dan mengukuhkan seorang District Governor baru. Yaitu dari Hermanto Angka (2017-2018) kepada Wayan Suryawan.(2018-2019)

Sebagaimana tradisinya, masa kepemimpinan seorang District Governor memang hanya satu tahun. Maka, “District Conference ini acara tahunan, diselenggarakan diakhir masa jabatan District Governor,” jelas Sulis Bambang, Chairman Rotary Youth Exchange D3420, kepada joss, kemarin.

Bertempat di  Crown Plaza Hotel, dalam acara Discon itu nanti juga akan memilih Club-Club Rotary dan rotarian terbaik setahun terakhir yaitu yang paling berprestasi mengerahkan waktu, tenaga, pikiran, bahkan donasi uangnya demi lingkungan sekitar, demi kemajuan Rotary Club dan Rotary Internasional.

Terkait donasi uang, menurut Sulis ada dua, wajib dan sukarela. Yang wajib berupa iuran, dan itu disetorkan ke Rotary Internasional. Menurut penerima beberpa kali penghargaan karena prestasinya itu, setoran tersebut menguntungkan sekali.” Karena tiga tahun setelahnya, Rotary Internasional mengembalikan dalam bentuk persetujuan kegiatan yang dibiayainya dengan nilai berpuluh kali lipat dari nominal yang kita sumbangkan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Rotary memang organisasi pengabdian internasional yang oleh pengurus pusatnya di Chicago, ditentukan ada 6 bidang kegiatan sosial. Meliputi, pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, air bersih, lengkungan hidup, dan pengembangan generasi muda.

Di setiap distrik ada berpuluh-puluh Rotary Club yang masing-masing dipimpin seorang presiden yang bertanggung jawab melakukan pengabdian di 6 bidang tersebut. Sembilan club diantaranya ada di Semarang, dan Sulis Bambang adalah seorang Past Presiden. Yaitu pernah menjadi Presiden Rotary Club Semarang Kunthi 1993-1994.

Pada jabatannya yang sekarang sebagai Chairman Rotary Youth Exchange D3420, penggiat seni dan sastra asal Semarang tersebut lebih mengurusi pertukaran pelajar,  yaitu bidang pendidikan dan pengembangan generasi muda.

Menurut rencana, Walikota Hendrar Prihadi juga akan turut menjamu ratusan rotarian tersebut di Balikota, dalam Wellcome Dinner. (dws)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id