Press "Enter" to skip to content

PT PPI Amankan Stok Pangan di Solo

Mari berbagi

JoSS, SOLO – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) menyiapkan stok sejumlah komoditas pokok pangan saat bulan Ramadan 2018, salah satunya untuk kebutuhan di Kota Solo, guna mengantisipasi lonjakan permintaan.

General Manager PT PPI Surakarta Suyanto mengatakan sejumlah kebutuhan pokok yang disiapkan di antaranya minyak goring, gula pasir dan daging sapi beku. Menurut dia, komoditas inilah yang biasanya paling signifikan lonjakannya.

Dia menambahkan, selama Ramadan, pihaknya akan menyediakan 5 ton minyak goreng, 200 kg daging sapi beku, dan 5 ton gula putih Kristal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi kelangkaan yang akan mendongkrak harga kebutuhan pokok jelang Lebaran.

“Kami menyediakan stok komoditas pokok, di antaranya minyak goreng, gula pasir, dan daging sapi beku,” katanya di Solo, Selasa (8/5) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan untuk harga jual komoditas pokok tersebut ke konsumen, tetap mengacu pada harga yang sudah ditentukan oleh pemerintah, yaitu untuk minyak goreng kemasan harganya Rp11.500/liter.

Sementara itu, untuk daging sapi beku kualitas super dengan kandungan lemak 5 % harganya dipatok sebesar Rp85.000/kg, dan gula pasir Rp12.000/kg.

Suyanto menambahkan, untuk komoditas beras, pihaknya bekerja sama dengan Perum Bulog Subdivre Surakarta untuk pengadaannya barangnya. Dengan demikian, lanjutnya masyarakat akan memperoleh beras berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, karena menggunakan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Untuk pengadaan beras, kami bekerjasama dengan Bulog Surakarta. Harganya juga mengacu pada yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu untuk beras medium harganya Rp9.000/kg, sedangkan premium Rp10.500/kg, ini lebih murah dibandingkan dengan di pasaran” katanya.

Dia menuturkan, untuk komoditas pokok tersebut didistribusikan salah satunya melalui penyelenggaraan Pasar Murah PPI pada bulan Ramadan 2018.

Untuk pelaksanaan pasar murah, pihaknya masih akan berkonsultasi dengan Dinas Perdagangan Kota dan Daerah di Soloraya, hal itu terkait penetapan waktu dan titik lokasi penyelenggaraan acara. Penyaluran komoditas ini dilakukan melalui jaringan ritel yang telah menjadi mitra PPI.

“Selain itu, kami juga akan menyalurkan komoditas ini melalui jaringan toko ritel yang bermitra dengan kami,” katanya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id