Press "Enter" to skip to content

PT KAI Jogja Antisipasi Pengembalian Tiket Mudik

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan antisipasi terkait kemungkinan pengembalian tiket dalam jumlah yang besar menyusul penetapan libur cuti Lebaran 2018 oleh pemerintah.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan perubahan jadwal cuti yang menjadi lebih panjang kemungkinan akan diikuti juga perubahan jadwal keberangkatan atau kepulangan para pemudik.

Untuk itu, lanjutnya PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengantisipasi potensi pengembalian tiket kereta dari pemudik akibat perubahan kebijakan cuti bersama Lebaran yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Mungkin saja ada penumpang yang mengembalikan tiket dan mengubah jadwal perjalanan karena ada perubahan cuti bersama Lebaran yang bertambah panjang,” katanya, di Yogyakarta, Sabtu (12/5).

Eko juga memastikan tiket yang dikembalikan akan langsung masuk ke sistem penjualan tiket lagi dan bisa dibeli oleh calon penumpang lain.

Dia menambahkan persyaratan pengembalian tiket, jelas Eko, penumpang yang bermaksud membatalkan keberangkatan harus datang paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan dan melalui layanan pelanggan yang ada di stasiun.

Calon penumpang yang batal berangkat juga harus mahfum jika biaya pembelian tiket tidak akan dikembalikan sepenuhnya tetapi 75 persen dari harga tiket.

Adapun pengembalian biaya pembelian tiket yang sudah dibatalkan akan dilakukan pada hari ke-30 setelah pengajuan melalui metode transfer atau bisa diambil tunai di stasiun yang sudah ditunjuk.

“Jika calon penumpang tersebut bermaksud melakukan perubahan jadwal keberangkatan, maka ia bisa melakukan pembelian tiket lagi seperti biasa,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Meski demikian, Eko tidak dapat menjamin bahwa tiket masih akan tersedia untuk tanggal keberangkatan yang diinginkan calon penumpang. “Jika tiket masih tersedia, maka calon penumpang bisa membelinya,” katanya.

Sementara itu, terkait ketersediaan tiket kereta api ke Jakarta, Bandung, Surabaya Eko menjelaskan per 12 Mei 2018 di Daerah Operasi 6 Yogyakarta, tiket untuk arus mudik atau keberangkatan sebelum Lebaran ke berbagai daerah lain di Pulau Jawa masih tersedia cukup banyak.

Sedangkan tiket untuk arus balik dari Yogyakarta ke sejumlah daerah lain seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya masih tersedia meskipun sedikit.

“Keberangkatan dari Daerah Operasi VI pada 17-24 Juni tersisa sedikit sekali,” katanya.

Untuk masa Angkutan Lebaran 2018 ini, PT KAI Daop 6 Yogyakarta berencana menjalankan lima kereta tambahan yaitu Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, Sancaka dan Lodaya.

Operasional kereta tambahan tersebut akan meningkatkan kapasitas penumpang sekitar 9.400 orang per hari sehingga total kapasitas tempat duduk yang disediakan Daop 6 Yogyakarta tiap hari mencapai 20.000 jika ditambah kereta reguler. (dodo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id