Press "Enter" to skip to content

Mahatir Mohamad Diperiksa Kepolisian Malaysia

Mari berbagi

JoSS, MALAYSIA – Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad diperiksa Kepolisian setempat karena diduga telah membuat berita palsu terkait aksi teror yang direncanakan terhadap pemimpin oposisi itu.

Mahathir mengklaim bahwa pesawatnya disabotase ketika dirinya akan terbang ke Langkawi untuk menghadapi Pemilu pekan depan. Dia menjadi kandidat Perdana Menteri (PM) Malaysia dari kubu oposisi, katanya seperti Dilansir dari Reuters, Rabu (2/5/2018).

Pekan lalu, Mahathir mengungkapkan dugaannya mengenai sabotase terhadap pesawat pribadi yang bakal menerbangkannya dari Kuala Lumpur ke Langkawi setelah pilot pesawat tersebut menemukan adanya kerusakan hanya beberapa saat sebelum lepas landas.

Pihak pemerintah kemudian melakukan investigasi, menyusul pernyataan Civil Aviation Authority yang mengatakan tidak ada temuan yang mengarah ke sabotase. Kepala instansi tersebut menyatakan tidak seharusnya ada klaim yang liar dan salah untuk mendapatkan keuntungan politik.

Kepala Kepolisian Kuala Lumpur Mazlan Lazim menyampaikan bahwa pihaknya sedang melakukan investigasi terhadap Mahathir setelah menerima aduan.

“Kami telah membuka kasus penyelidikan berdasarkan laporan terhadap polisi mengenai Mahathir,” ujarnya.

Terkait hal ini, juru bicara mantan PM Malaysia periode 1981-2003 yang kini berusia 92 tahun itu belum memberikan komentar.

Pada April 2018, Malaysia memberlakukan UU yang mengkriminalisasi berita palsu. Beberapa pihak menilai regulasi tersebut ditujukan untuk menekan ketidakpuasan dan kebebasan berpendapat sebelum Pemilu digelar pada 9 Mei 2018.

Di bawah beleid itu, para pelanggarnya dapat dikenai denda hingga 500.000 ringgit atau sekitar Rp1,7 miliar dan dihukum penjara maksimal selama 6 tahun.

Baru-baru ini, seorang warga Denmark didakwa melakukan kritik yang tidak akurat terhadap polisi melalui media sosial. Kasus itu menjadi yang pertama setelah UU tersebut diterapkan.

Mahathir akan berhadapan dengan PM Najib Razak dalam Pemilu kali ini. (Rts/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id