Press "Enter" to skip to content

Ki Enthus Susmono Tutup Usia

Mari berbagi

JoSSTegal – Bupati Tegal yang juga dalang kondang Ki Enthus Susmono meninggal dunia hari ini, Senin (14/5). Kepastian meninggalnya pria yang tengah menjalani masa cuti untuk mengikuti pilkada sebagai incumbent tersebut diungkapkan  Pjs Bupati Tegal, Sinoeng Rachmadi Noegroho melalui pesan singkat.

Innalilahiwainailahirojiun telah meninggal dunia Bp H Enthus Soesmono pd hari ini, Senin 14 Mei 2018 pukul 19.10 WIB. InsyaaAlloh akan dimakamkan besok siang.

Info lanjut menunggu keluarga

Dari keterangan yang dihimpun dari berbagai pihak, sore Enthus bersama rombongan berencana akan menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang Kecamatan Jatinegara setelah sebelumnya sempat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong.

Dalam perjalanannya, Enthus  mengeluh nyeri dada dan mual hingga tidak sadarkan diri. Melihat gejala yang demikian,rombongan yang membawanya segera melarikan enthuse ke Puskesmas Jatinegara dan tiba disana pukul 17:45 WIB.

Tim medis Puskesmas Jatinegara yang dipimpin dokter Ulinuha pun segera melakukan upaya pertolongan mulai dari pemeriksaan denyut nadi, tekanan darah, gula darah hingga pemasangan infus, namun Enthus masih juga tak sadarkan diri. Dokter Ulinuha lantas memutuskan agar Enthus dibawa ke RSUD dr. Soeselo Slawi menggunakan ambulan Puskesmas Jatinegara.

Sekitar pukul 18:20 WIB, Enthus yang masih dalam keadaan koma dan mendapat pernafasan bantu oksigen masuk di IGD RSUD dr.Soeselo. Dokter Akhmad Rosidi yang sedang berjaga segera melakukan upaya Resusitasi Jantung Paru selama kurang lebih 45 menit namun tidak membuahkan hasil. Pukul 19.15 dalang nyentrik itu pun dinyatakan meninggal karena serangan jantung. Ki Enthus Susmono meninggal dalam usia 52 tahun, meninggalkan seorang istri dan 4 orang anak.

Rencananya, penerima gelar Doktor Honoris Causa bidang seni-budaya dari Internasional Universitas Missouri, USA dan Laguna College of Bussines and Arts, Calamba, Philippines karena ketokohannya di dunia pedalangan tersebut akan dikebumikan besok hari Selasa (15/5) di Desa Dampyak pukul 10:00 WIB.

Berita kematian Ki Enthus mengagetkan banyak orang. Sehari sebelumnya,Minggu (13/5), Ki Enthus masih terlihat bugar saat melakukan debat Pilbup Tegal yang diselenggarakan KPU Tegal.Dalam debat dengan tema” Meneropong Kabupaten Tegal 5 Tahun ke Depan”, Cabup dengan nomor urut 3 masih nampak bersemangat berdebat  dengan lawannya.

Sementara itu menanggapi kabar meninggalnya Cabup Tegal nomor urut 3 tersebut, Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo menyatakan jika sebelum 30 hari dari pemungutan suara parpol pengusung dapat mengganti calon yang meninggal.

“Sebelum 30 dari hari pemungutan suara, Parpol dapat mengganti calon yg meninggal. Batas waktunya paling lambat 7 hari sejak kandidat meninggal,” terangnya, melalui pesan singkat..Saat ditanya mengenai dasar hukum yang mengatur hal tersebut, Joko Purnomo mengatakan  sumber aturannya ada di UU No. 10/2016 Pasal 54 dan PKPU No. 3/2017 mulai Pasal 78. (dodo)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id