Press "Enter" to skip to content

Jelang Mudik, Syahbandar Ketapang Uji Petik Kapal Feri

Mari berbagi

JoSS, BANYUWANGI – Syahbandar Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi melakukan Uji Petik Kapal untuk memastikan kesiapan armada angkut laut ini dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Ketapang, Eka Cakrawala mengatakan menjelang arus mudik Lebaran 2018 pihaknya mulai meningkatkan kesiagaan, salah satunya, mengecek kesiapan armada kapal di penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, Senin (28/5).

Dia menuturkan, petugas melakukan pengecekan terhadap seluruh armada yang akan melayani arus mudik. Fokusnya, memastikan seluruh perlengkapan dan sarana kapal dalam kondisi siap pakai.

“Fokus uji petik kali ini untuk memastikan seluruh armada kapal dalam kondisi siap pakai. Ini menghindari kecelakaan atau tragedi lain selama arus mudik dan balik,” katanya, seperti dikutip dari Balipost.

Menurutnya kesiapan kapal menghadapi arus mudik menjadi menu wajib. Sebab, menyangkut keselamatan para penumpang yang jumlahnya cenderung meningkat. Pengecekan dilakukan di seluruh mesin dan perlengkapan pendukung lain. Seperti, pipa kran air, sirine, tabung pemadam, pelampung hingga skoci penyelamat.

“Harapannya, seluruh armada termasuk awak buah kapal (ABK) siap siaga dan kondisi sehat. Jangan sampai ada kendala ketika musim arus mudik. Beberapa kekurangan yang kita temukan, harus dipenuhi sebelum hari H Lebaran. Seluruh kapal yang beroperasi harus layak,” tuturnya.

Baca jugaPelabuhan Cilacap Buka Tol Laut Selatan Jawa

Sementara itu, Selama arus mudik mendatang, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi, menyiapkan 56 unit kapal menyambut angkutan Mudik dan Balik Lebaran 2018. Dari 56 unit kapal yang disiapkan, ASDP akan mengoperasikan 32 unit kapal.

General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Elvi Yoza mengatakan, 20 unit kapal dioperasikan di Dermaga MB dan Ponton. Sedangkan 12 unit kapal lainnya di dermaga LCM. Untuk 24 unit kapal sisanya di siagakan di ke dua pelabuhan.

Selain armada kapal yang disiapkan, sarana dan prasarana lainya juga mulai disiapkan di Pelabuhan Ketapang. Di antaranya, PT ASDP telah menambah pintu loket masuk untuk kendaraan roda dua dan empat.

“Jika ada lonjakan penumpang yang signifikan kapal-kapal tersebut akan dioperasikan untuk mengangkut penumpang, selain itu penambahan toilet untuk mendukung pelayanan masyarakat,” ujarnya

Dia menuturkan, PT ASDP Ketapang juga telah menyiapkan tenda di area parkir dalam pelabuhan, mulai masa arus mudik dan Balik. Manifes penumpang juga telah disiapkan di dekat loket masuk kendaraan.

Sementara untuk peningkatan penumpang pada masa angkutan mudik dan balik lebaran 2018 ini diprediksi mencapai 5-10 persen. “Kenaikan penumpang ini diprediksi memang tidak begitu tinggi. Sebab saat ini banyak pilihan modal transportasi lainya untuk mudik ke kampung halaman,” ujarnya. (*/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id