Press "Enter" to skip to content

Go-Jek Siap Go Asia Tenggara

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Perusahaan teknologi Indonesia yang melayani angkutan dan pengirman melalui jasa, Go-Jek, bersiap melakukan ekspansi usaha menerobos ke negara-negara di Asia Tenggara yaitu Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina dalam beberapa bulan ke depan.

Dalam ekspansi tersebut, perusahan yang resminya berdiri tahun 2010 di Jakarta dengan nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa disebut-sebut menyiapkan bekal investasi sebesar US$ 500 juta ( sekitar Rp 7,1 triliun). Layanan yang diberikan di negara-negara Asia Tenggara tersebut, juga sama dengan yang dilakukan di Indonesia, yaitu layanan sepeda motor, mobil, pemesanan makanan, hingga kurir online.

CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, menegaskan rencana ekspansi usaha ke negara-negara Asia Tenggara itu dipastikan bakal menghadirkan kompetisi dan menambah pilihan-pilihan masyarakat di wilayah Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations). Nadiem menyatakan, masyarakat di Vietnam, Thailand, Singapura dan Filipina kini tak memiliki cukup banyak pilihan atas layanan transportasi ride-hailing.

“Dengan hadirnya Go-Jek di negara-negara tersebut, kami bisa menjadi aplikasi gaya hidup utama, pilihan masyarakat, itu aspirasi kami. Di saat yang sama, kehadiran kami dapat menciptakan persaingan usaha sehat yang dibutuhkan supaya pasar di masing-masing negara terus bertumbuh,” ujarnya Nadiem sebagaimana dikutip Bisnis, Kamis (24/5).

Mengenai ekspansi tersebut, Nadiem menegaskan keinginan perusahaannya untuk bisa memberikan dampak yang luas bagi seluruh kalangan masyarakat di negara tujuan ekspansi, baik bagi konsumen yang menginginkan layanan yang cepat dan kompetitif, maupun bagi mitra pengemudi yang mencari penghasilan tambahan. Di Indonesia, kata dia, Go-Jek telah membuktikan keberadaannya mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Karena itu, dia yakin cara terbaik bagi Go-Jek mewujudkan ekspansi internasionalnya adalah dengan menggandeng mitra lokal yang bertalenta. Go-Jek akan memilih mitra lokal yang memiliki kesamaan visi tentu memahami cara terbaik untuk melayani kebutuhan pasar domestiknya.

“Peranan Go-Jek adalah sebagai penasihat, berbagi pengalaman dalam hal operasional serta pengembangan bisnis. Sehingga para mitra dan tim lokal dapat menciptakan dampak positif yang Go-Jek ciptakan, dengan cara-cara terbaik dan sesuai karakter dan kebutuhan negara mereka,” tutur dia.

Tentang siapa mitra lokal yang akan digandeng, Go-Jek masih akan melakukan penjajakan dengan mencari mitra lokal yang memiliki ketertarikan dan keahlian yang mendalam di tiap negara. Ketertarikan menjadi faktor penting guna memastikan operasional usaha dapat berjalan dengan baik dan maksimal dengan dukungan pemahaman dan pengalaman mendalam terhadap karakter seta seluk beluk pasar di masing-masing negara.

President Go-Jek Andre Soelistyo mengungkapkan rencana ekspansi itu sebenarnya sudah lama, namun, perusahaan ingin melakukannya pada momentum yang tepat. “Pada seri penggalangan investasi kami yang terakhir, banyak investor strategis besar global dan nasional yang bergabung. Inilah yang membuat kami percaya diri dan yakin bahwa kami punya dukungan yang diperlukan untuk menjadi salah satu kisah pertumbuhan yang menginspirasi, dari menjadi fenomena Indonesia ke fenomena regional,” tukasnya. (bi/*/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id