Press "Enter" to skip to content

Garuda Tambah Seat Solo-Jakarta Untuk Arus Mudik

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Garuda Indonesia menambah kapasitas seat (tempat duduk) selama arus mudik maupun balik Lebaran 2018 bukan dengan menambah jadwal penerbangan, namun mengganti jenis pesawat yang digunakan dengan berbadan besar sehingga ada tambahan 594 seat per hari.

General Manager Garuda Indonesia Solo, Hendrawan, mengatakan maskapainya akan mengganti 3 dari 5 penerbangan Solo-Jakarta pergi pulang yang semula menggunakan pesawat jenis Boeing 373-800 yang berkapasitas 150 + 12 dengan pesawat jenis Airbush 330 yang berkapasitas 360 penumpang. “Dari lima kali penerbangan rute Solo-Jakarta perhari, tiga yang diganti jenis pesawatnya,” kata Hendrawan di Solo, Rabu (9/5).

Menurut Hendrawan, penggantian pesawat tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik yang terjadi untuk rute Jakarta-Solo. Dengan penggantian jenis pesawat yang digunakan, tambah dia, kapasitas angkutnya akan naik hamper dua kali lipat.

Secara rinci disebutkan bahwa penggunaan pesawat berbadan lebar tersebut akan dilaksanakan mulai 8 Juni sampai 24 Juni 2018. Penggantian jenis pesawat tidak hanya dilakukan Garuda Indonesia saja, maskapai lain juga dikabarkan mengganti jenis pesawatnya di rute Solo- Jakarta pp selama musim mudik Lebaran 2018.

Di Bandara Adi Soemarmo, jadwal penerbangan Solo-Jakarta setidaknya ada 14 jadwal penerbangan yang dilayani oleh Garuda, City Link, Sriwijaya Air, Batik Aior dan Lion Air. Melalui program penggantian jenis pesawat yang dioperasikan, total kapasitas tambahan selama arus mudik dan arus balik Lebaran tersebut sebanyak 5.544 kursi.

Mengatasi ketidak-seimbangan jumlah penumpang dari rute Solo-Jakarta pp, Garuda menggelar promo tiket untuk empty legs flight atau penerbangan tanpa penumpang selama bulan Ramadhan 2018. Program ini dilakukan jika dari Solo ke Jakarta penumpang penuh tetapi arah sebaliknya sedikit permintaannya, maka akan diberlakukan harga promo.

Untuk Solo – Jakarta empty legs flight akan diberlakukan pada periode perjalanan 18 Mei-19 Juni 2018 dan tanggal 27 Juni 2018, Sedangkan untuk rute Jakarta-Solo, promo tiket tersebut berlaku untuk tanggal 17 Mei-7 Juni 2018 dan tanggal 27 Juni 2018.

Promo tanggal 27 Juni 2018 dua rute dikenakan tarif promo karena bertepatan dengan Pilkada Serentak 2018. Harga tiket untuk masa promo mulai dari Rp 440.000, sementara untuk harga normal harga tiket Garuda sudah di atas Rp 1 juta.

Dia berharap pelaksanaan promo tersebut dapat mendongkrak permintaan perjalanan pada saat  low season.  Dari data tahun lalu, penurunan jumlah penumpang terjadi pada dua minggu awal bulan Ramadhan, di mana permintaan menurun sekitar 15 persen. (ant/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Berita Terkini

joss.co.id